Asosiasi Media Siber Indonesia Bantu Pemerintah Lawan Hoax

Image title
18 April 2017, 16:23
Asosiasi Siber
AMSI

Pemimpin 26 media online terkemuka di Indonesia hari ini resmi mendeklarasikan berdirinya Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Deklarasi ini mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Dewan Pers.

Meski baru dideklarasikan oleh 26 media siber, hingga semalam, total sudah mencapai 174 perusahaan yang tergabung dalam AMSI. Saat ini, AMSI pun masih terus menerima pendaftaran anggota baru, terutama media siber dari daerah.

“Tahap pertama ini hanya pendaftaran anggota dan perapihan organisasinya,” kata Ketua Presidium AMSI Wenseslaus Manggut usai deklarasi di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa (18/4).

(Baca juga:  Perangi Hoax dan Kebencian, 143 Media Online Bentuk Asosiasi)

Wenseslaus menyatakan bahwa pembentukan asosiasi ini dilatarbelakangi kekhawatiran terhadap penyebaran konten negatif, termasuk hoax dan ujaran kebencian di dunia maya. Menurutnya, AMSI memang dibentuk oleh media digital yang menaruh perhatian terhadap konten yang akurat, berimbang, serta sesuai dengan Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber.

Menteri Komunikasi dan  Informatika (Kominfo) Rudiantara pun menyambut baik terebentuknya AMSI. Sebab, diakuinya tak mudah mengontrol 43.400 media online yang ada di Indonesia. Dengan keberadaan AMSI diharapkan bisa melakukan verifikasi awal terhadap anggotanya.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...