Jelang Lebaran, Bulog Tambah Impor 10-20 Ribu Ton Daging Kerbau

Image title
25 April 2017, 14:00
Daging Sapi Beku Impor
Arief Kamaludin|KATADATA
Menurut Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti, pemerintah melalui Bulog akan mencukupi kebutuhan daging untuk masyarakat selama bulan puasa hingga Lebaran nanti.

Bulog akan mengimpor 10-20 ribu ton daging kerbau dari India. Upaya ini dilakukan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga daging menjelang Ramadan dan Lebaran yang akan jatuh pada Mei-Juni 2017 mendatang.

Sementara, saat ini stok daging kerbau di gudang Bulog masih mencapai 39 ribu ton. Selain itu, Bulog juga masih memiliki sisa stok daging sapi sebanyak 304 ton.

Advertisement

“Sehingga nantinya stok daging (kerbau) menjelang lebaran bisa mencapai 49 sampai 59 ribu ton,” kata Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti usai melakukan rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa (25/4).

(Baca juga: Stok Beras, Gula, Minyak Goreng dan Daging Dijamin Aman Hingga Lebaran)

Meski stok di gudangnya masih menumpuk, Djarot yakin tambahan impor masih diperlukan karena pada dasarnya pasokan daging di dalam negeri masih kurang. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), di Indonesia saat ini terdapat kekurangan daging sebanyak 261,54 ribu ton. Sebab, produksi daging nasional hanya 468,36 ribu ton, padahal konsumsi nasional mencapai 729,91 ribu ton per tahun.

Selain daging, Djarot menyatakan bahwa stok beras dan gula di gudang Bulog masih cukup sehingga tidak perlu impor. Menurutnya, stok beras Bulog mencapai 2 juta ton, sementara gula 360 ribu ton. “Ini cukup sampai 2 hingga 3 bulan ke depan,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement