Menyambut Lebaran, Jokowi Tekankan Tiga Persiapan

Ameidyo Daud Nasution
3 April 2017, 20:02
Jokowi
Cahyo | Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan sejumlah menteri dan Direktur Utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam agenda rapat terbatas, hari ini. Dia meminta para menteri dan BUMN mempersiapkan penanganan hari raya Idul Fitri (lebaran) mulai bulan ini.

Jokowi menekankan tiga hal yang harus diperhatikan menjelang lebaran. Ketiga hal ini adalah ketersediaan bahan pokok, kesiapan sarana dan prasarana transportasi, serta persiapan dari aspek keamanan. Meski lebaran masih dua setengah bulan, namun dia ingin persiapannya dilakukan lebih baik.

"Ini agar saudara kita dapat menjalankan ibadahnya dengan tenang," kata Jokowi di kantornya, Jakarta, Senin (3/4). (Baca: Cegah Macet, Pemerintah Batasi Akses Tol “Brexit" Saat Mudik)

Usai rapat, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta agar kejadian seperti Brebes Exit (Brexit) tahun lalu, tidak terulang. Dalam lebaran tahun ini, pemerintah akan menyediakan kapal Roll On - Roll Off (Ro-Ro) untuk melayani rute langsung Jakarta - Lampung, Jakarta - Semarang, serta Semarang - Surabaya. Upaya ini diharapkan bisa menekan kepadatan lalu lintas dan kecelakaan saat mudik lebaran.

(Baca: Pemerintah Siapkan Mudik Gratis Lewat Program CSR BUMN)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...