Tunda Larangan Cantrang, Susi Siapkan 6.972 Alat Pengganti di Jateng

Image title
4 Mei 2017, 18:57
 Masyarakat Nelayan Pesisir
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Nelayan

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akhirnya menunda larangan penggunaan cantrang hingga 31 Desember 2017. Namun, penundaan itu hanya berlaku untuk Provinsi Jawa Tengah. 

Larangan penggunaan cantrang sebelumnya diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 71 Tahun 2016. "Peraturan menterinya tetap. Penundaan dilakukan melalui surat edaran, dan hanya di Jawa Tengah," kata Susi di kantornya, Kamis (4/5). 

Advertisement

Jawa Tengah memang teridentifikasi sebagai daerah yang nelayannya paling banyak menggunakan cantrang. Sebab, dari total 14.367 usulan penggantian cantrang yang ditangani Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), 6.972 di antaranya berasal dari Jawa Tengah.

(Baca juga: Dorong Budi Daya Ikan Lepas Pantai, Jokowi: Masa Bicara Cantrang Terus)

Sementara dari Lampung di peringkat kedua, jumlah pengajuan alat pengganti cantrang hanya 2.308 unit. Begitu juga nelayan di Kalimantan Barat hanya mengajukan usulan penggantian 2.187 alat pengganti cantrang. Sedangkan dari wilayah lain, usulan penggantian cantrang hanya berkisar antara ratusan hingga seribuan unit.

Saat ini, KKP bersama Pemerintah Daerah Jawa Tengah sedang melakukan proses validasi calon penerima alat pengganti tersebut. Proses ini juga melibatkan Universitas Diponegoro (Undip). 

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement