Pemerintah Akan Salurkan Subsidi Pangan untuk 17,7 Juta Warga Miskin

Desy Setyowati
8 Mei 2017, 16:53
Pangan retail
Katadata | Donang Wahyu

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memandang data jumlah penduduk miskin yang berhak menerima bantuan dana dari pemerintah belum jelas dan seirama. Padahal, pemerintah pada tahun ini berencana menyalurkan dana subsidi pangan secara nontunai.

"Yang jelas datanya harus akurat,  by name, by address baru kami bisa menjalankan (Bantuan Pangan Non-Tunai/BNPT) itu dengan baik," ujar Darmin di kantornya, Jakarta, Senin (8/5).

Advertisement

Sekadar informasi, BPNT merupakan konversi sebagian dari program beras sejahtera (Rastra). Kebijakan ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta seluruh bantuan sosial berbentuk non tunai dan terintegrasi dalam satu kartu. Dengan begitu, mempermudah pemerintah mengontrol penyaluran dana tersebut.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, penyaluran subsidi akan berdasarkan pada bank data. BPS pun sudah memberikan data yang dimiliki Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) agar bisa dimanfaatkan pemerintah.

Dari catatannya, ada 17,7 juta penduduk miskin dan hampir miskin yang rencananya akan mendapat fasilitas ini. "Semua akan mengacu bank data di BPS, Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2017," ujar dia usai Rapat Koordinasi (Rakor) terkait subsidi di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Kebudayaan.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement