Pemerintah Patok Harga Eceran Bawang Putih Rp 38 Ribu per Kilogram

Image title
8 Mei 2017, 21:10
Bawang putih
ANTARA FOTO/Jojon

Kementerian Perdagangan akan menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) bawang putih sebesar Rp 38 ribu per kilogram. Keputusan ini merupakan hasil kesepakatan pemerintah dengan para importir.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, para importir sepakat melepas stok yang dimilikinya saat ini seharga Rp 23 ribu per kilogram dari gudang. Dengan demikian, harga bawang putih tersebut diharapkan bisa sampai ke tangan konsumen seharga Rp 38 ribu per kilogram.

Advertisement

Ia menyatakan bahwa dalam bulan ini akan ada 600 ton bawang putih impor yang akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok.  “Sekarang sudah ada dua kontainer yang siap dijual harga Rp 23 ribu per kilogram,” kata Enggar di kantornya, Senin (8/5).

(Baca juga: Bentuk Satgas, Polisi Ikut Awasi Harga Pangan Saat Ramadan)

Enggar berharap, kebijakan ini akan menurunkan harga bawnag putih yang saat ini di pasaran harganya mencapai Rp 60-70 ribu per kilogram.  "Jadi kepada seluruh pedagang yang miliki stok, segara jual dan jangan pernah menimbun. Karena sebentar lagi akan banjir bawang putih dengan harga murah,"ujarnya.

Selain itu, dalam satu hingga dua hari ke depan, Enggar juga akan mengeluarkan peraturan menteri perdagangan (Permendag) untuk memperketat impor bawang putih. Dia menilai selama ini importir dapat mendatangkan dan menjual secara bebas sehingga pemerintah tidak mengantongi data pasokan.

Dalam aturan, pemerintah tak akan menetapkan kuota. Importir hanya  diwajibkan untuk mengajukan permohonan impor ke Kementerian Pertanian untuk kemudian direkomendasikan pada Kementerian Perdagangan. Dengan demikian, pemerintah akan memiliki data jumlah bawang putih yang didatangkan masing-masing importir.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement