Sri Mulyani: Perlu Kepastian Hukum untuk Tingkatkan Ekonomi

Image title
11 Mei 2017, 09:00
Sri Mulyani
Katadata

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyadari bahwa Indonesia masih perlu meningkatkan kepastian hukum. Sebab, hal itu akan berdampak terhadap kepercayaan dunia internasional, baik investor maupun pemerintah negara lain untuk bisa menjalin hubungan ekonomi dengan Indonesia.

Salah satu upaya meningkatkan kepastian hukum yang bisa dilakukan adalah melalui kerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).  Institusi ini perlu meningkatkan penegakan hukum dan keamanan. Selain itu, perlu adanya kerja sama dan kolaborasi antarkementerian dan lembaga agar setiap kebijakan pemerintah bisa dilaksanakan dengan baik. 

Advertisement

“Agar Indonesia dianggap negara yang punya kepastian hukum dan confidence bisa berjalan dengan baik,” kata Sri Mulyani di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK-STIK) Jakarta, Rabu (10/5). Kepastian hukum dapat membuat investor tertarik menanamkan modalnya di Indonesia. Dengan begitu, pendapatan negara dan pertumbuhan ekonomi nasional bisa meningkat.

(Baca: Sri Mulyani: Investasi dan Ekspor Jadi Penggerak Ekonomi 2017)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memang mencanangkan target supaya Indonesia bisa naik dari negara berpendapatan menengah (middle income countries) ke negara berpendapatan tinggi (high income countries). Untuk bisa masuk menjadi negara high income country, Indonesia harus bisa menggenjot pendapatan per kapita hingga di atas US$ 15 ribu. Sedangkan saat ini pendapatan per kapita nasional baru mencapai US$ 3.600.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement