Menaker: Pengusaha Perempuan Bertambah 1,6 Juta Orang Sejak 2015

Ameidyo Daud Nasution
15 Mei 2017, 17:40
UMKM
Donang Wahyu | Katadata
UMKM KATADATA|Donang Wahyu

Kementerian Ketenagakerjaan mencatat saat ini jumlah pengusaha perempuan di Indonesia mencapai 14,3 juta orang. Jumlahnya bertambah 1,63 juta orang dibandingkan tahun 2015 yang tercatat hanya 12,7 juta orang. 

"Jadi saya melihat hal ini cukup menggembirakan," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri saat membuka Rapat Kerja Nasional Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) di Jakarta, Senin (15/5).

(Baca: Perempuan Ikut Bekerja Saat Panen, Pengangguran Turun Jadi 7,01 Juta)

Menurut Hanif, peningkatan jumlah pengusaha seharusnya bisa lebih memperkuat peran dan daya saing wirausaha perempuan dalam perekonomian nasional. Untuk itu kualitas usaha yang dijalani oleh pengusaha perempuan perlu lebih ditingkatkan lagi.

Beberapa hal yang menurutnya perlu ditingkatkan, antara lain kualitas produk, harga yang kompetitif, proses produksi, hingga waktu pengiriman barang yang cepat. Untuk mengejar semua hal ini, perlu ada inovasi bisnis dan pelayanan pada semua usaha yang dikerjakannya. Dia menyatakan pemerintah akan terus mendorong penciptaan dan pengembangan inovasi untuk industri Tanah Air. 

(Baca: Industri Tumbuh 4,3%, Pengusaha Masih Keluhkan Suku Bunga)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...