Pacu Transaksi Nontunai, Go-Jek dan Grab Kembali Beradu Tarif

Image title
30 Mei 2017, 20:44
Go-Jek
Arief Kamaludin|KATADATA
Pengemudi ojek Go-Jek tengah menunggu penumpang yang hendak diantar ke tujuannya di Jakarta.

Setelah sama-sama memiliki basis pelanggan, Go-Jek dan Grab kini beradu tarif untuk meningkatkan transaksi nontunai. Lewat berbagai promosi, potongan harga yang ditawarkan mencapai 99 persen.

Go-Jek misalnya, menawarkan potongan tarif 80 persen untuk pengguna jasa ojek motor atau Go-Ride yang membayar secara nontunai dengan fitur Go-Pay. Dengan potongan harga sebesar itu, konsumen cukup membayar Rp 2 ribu untuk perjalanan hingga 7 kilometer. Selain itu, dengan fitur yang sama, jasa antar Go-Food akan digratiskan bila pengguna memesan makanan dari restoran mitra.

Advertisement

Chief Marketing Officer Go-Jek Piotr Jakubowski mengakui langkah promosi itu sebagai strategi perusahaan untuk meningkatkan transaksi nontunai. “Kami melihat itu sebagai komitmen untuk menjaga costumer,” katanya di Jakarta, Selasa (30/5).

(Baca juga: Batasan Tarif Taksi Online Tak Bisa Diakali Promo)

Piotr mengatakan, perusahaannya memang terus berupaya mengembangkan layanan pembayaran melalui Go-Pay. Tak hanya untuk membayar jasa Go-Jek, saat ini pengguna Go-Pay bisa melakukan peer to peer transfer hingga pembelian pulsa.

Setelah lebih dari setahun berjalan, Piotr berharap Go-Pay dapat membantu meningkatkan inklusi finansial yang dicanangkan pemerintah. “Ke depan, kami harapkan sistem ini berkontribusi agar akses digital ekonomi bisa dibuka ke lebih dari 60 persen masyarakat Indonesia,” katanya.

Dia menyebutkan, dari sekitar 40 juta pengguna aplikasi Go-Jek, sebanyak 20-25 juta di antaranya telah bertransaksi melalui Go-Pay. “Itu lebih dari lima puluh persen,” katanya.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement