BI Proyeksi Ekonomi Tahun Depan Tumbuh Paling Tinggi 5,5 Persen

Desy Setyowati
6 Juni 2017, 19:31
Pertumbuhan Ekonomi
Arief Kamaludin|KATADATA
Pembangunan gedung perkantoran di Jakarta.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi hanya akan berada di kisaran 5,1-5,5 persen tahun depan. Proyeksi tersebut di bawah kisaran target pemerintah yaitu 5,4-6,1 persen. Meski begitu, proyeksi tersebut masih lebih tinggi dibandingkan target tahun ini yang sebesar 5,1 persen.

"Kami perkirakan pertumbuhan ekonomi pada 2018 sebesar 5,1-5,5 persen. lni lebih tinggi dari kisaran ekonomi 2017. Proyeksi kami ini masih searah dengan yang diajukan pemerintah 5,4-6,1 persen," kata Gubernur BI Agus DW. Martowardojo saat rapat dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung DPR, Senin (6/6).

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi tahun depan akan ditopang permintaan domestik yang terdongkrak oleh meningkatnya investasi. Saat ini, menurut dia, peningkatan investasi bangunan sudah mulai terasa. Ke depan, ia yakin investasi nonbangunan juga akan meningkat.

Adapun, peningkatan investasi tersebut diklaim seiring dengan upaya pemerintah meningkatkan pembangunan infrastruktur dan memperbaiki iklim investasi melalui penerbitan sederet paket kebijakan ekonomi. (Baca juga: DPR Kritisi Asumsi Makro 2018, Pertumbuhan Ekonomi Terlalu Tinggi)

Ekspansi yang dilakukan perbankan dan korporasi nonbank juga diyakini bakal turut memacu ekonomi tahun depan. Begitu juga dengan konsumsi rumah tangga yang kuat. Kuatnya konsumsi seiring dengan inflasi yang bakal dijaga di kisaran yang cukup rendah yaitu 2,5-4,5 persen, tahun depan.

Di sisi lain, pertumbuhan ekspor diproyeksi bakal sedikit menurun lantaran harga komoditas sumber daya alam (SDA) pada tahun depan diproyeksi lebih rendah dibanding tahun ini. Menurut dia, peningkatan ekonomi global tak lantas meningkatkan permintaan komoditas. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...