Krisis Qatar, Beberapa Rute Qatar Airways dari Indonesia Dialihkan

Miftah Ardhian
7 Juni 2017, 21:03
qatar airways
ANTARA FOTO/REUTERS/Hamad I Mohammed
Seorang pria berjalan melewati kantor Qatar Airways di Manama, Bahrain, Senin (5/6).

Perpecahan antarnegara Arab turut mempengaruhi maskapai Qatar Airways. Sejumlah rute penerbangan maskapai asal Qatar tersebut dari Indonesia pun dialihkan. 

Namun, Qatar Airways tetap bisa mengoperasikan penerbangan dari dan menuju Indonesia. Pengalihan dilakukan bagi penumpang maskapai itu dengan tujuan Arab Saudi dan empat negara lain yang memutuskan hubungannya dengan Qatar. 

Menteri Perhubungan Budi Karya menjelaskan, Qatar Airways dapat melakukan penerbangan dari dan ke Indonesia, yang dilanjutkan ke negara ketiga di luar daftar negara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. “Kami cuma merespons karena di Arab Saudi tertutup (untuk Qatar), maka kami memberikan alternatif penumpang untuk naik apa,”ujarnya saat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/6).

(Baca: Timur Tengah Pecah, Garuda Tampung Penumpang Umrah Qatar Airways)

Meski begitu, Pemerintah Indonesia tidak mengeluarkan larangan terbang bagi Qatar Airways. Budi menjelaskan, pemerintah harus melakukan pengalihan karena adanya ketegangan diplomatik antara negara-negara di Timur Tengah dengan Qatar.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso pun menjamin kelancaran penerbangan jemaah umrah ke Tanah Suci. Ia mengklaim, Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan maskapai-maskapai lain untuk menerbangkan  jemaah umrah yang sudah terdaftar sebagai penumpang Qatar Airways.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...