SKK Migas: ENI Ajukan Rencana Pengembangan Merakes September

Anggita Rezki Amelia
12 Juni 2017, 17:43
Pekerja migas
Dok. ExxonMobil

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Italia, Eni akan menyerahkan rencana pengembangan (Plan of Development/PoD) Lapangan Merakes di Blok Sepinggan, Kalimantan Timur. Tujuannya agar lapangan tersebut bisa segera beroperasi.

Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Fatar Yani Abdurrahman mengatakan, rencananya PoD tersebut akan diserahkan sekitar tiga bulan lagi. “Sedang Eni persiapkan untuk diajukan September ini," kata dia kepada Katadata, Senin (12/6).

Advertisement

(Baca: ENI Sukses Mengebor Sumur Merakes-2 di Kalimantan Timur)

Untuk mengajukan PoD, Fatar menjelaskan, Eni tidak perlu mengebor tiga sumur asalkan cadangan migas yang ditemukan sudah bisa dikomersialkan. Sebelumnya, saat masih menjabat Kepala Bagian Humas SKK Migas, Taslim Z. Yunus mengatakan Eni harus mengebor tiga sumur sebelum mengajukan PoD.  

Saat ini Eni sudah mengebor dua sumur. Cadangan yang terdeteksi mengandung hidrokarbon di lapangan tersebut mencapai 1,8 triliun kaki kubik (tcf) gas. Namun, SKK Migas masih harus mengevaluasi cadangan tersebut sebelum memberikan sertifikasi atas temuan Eni itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement