Tarif Angkutan Mudik Naik, BI Prediksi Puncak Inflasi Pada Juni

Desy Setyowati
15 Juni 2017, 21:18
pemesanan tiket kereta api
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Sejumlah calon penumpang mengantre pembelian tiket kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. PT KAI melayani pembelian tiket angkutan lebaran 2017 untuk H-10 hingga H+10 Lebaran mulai 17 Maret - 7 April 2017.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan, inflasi pada Juni akan sedikit lebih tinggi dibanding bulan lalu yang sebesar 0,39 persen. Berdasarkan survei pekan pertama Juni, inflasi tercatat sebesar 0,5 persen.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Doddy Budi Waluyo mengatakan, tekanan inflasi pada Juni ini di antaranya karena kenaikan tarif angkutan. Selain itu, dampak dari kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) 900 volt ampere (VA).

“Pekan pertama sudah 0,5 persen itu karena dampak kenaikan TDL dan pengaruh angkutan,” kata Doddy di kantornya, Jakarta, Kamis (15/6). Di sisi lain, harga pangan bergejolak (volatile food) diklaim cenderung stabil sehingga tak membebani inflasi lebih jauh.

BI memperkirakan puncak inflasi 2017 bakal terjadi pada Juni ini. Meski begitu, tingkat inflasinya diperkirakan bakal lebih rendah dibanding periode sama atau Ramadan di tahun-tahun sebelumnya. “Pick up (naik), tapi tidak tajam,” ucapnya.

Ke depan, BI melihat tekanan inflasi bakal mulai berkurang. Alasannya, karena tekanan dari kenaikan TDL 900 VA sudah hilang. Maka itu, inflasi diproyeksikan masih sesuai target yaitu 3-5 persen. Namun, proyeksi bisa berubah jika pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga-harga yang kemudian mempengaruhi harga pangan bergejolak. (Baca juga: Menko Darmin: Pemerintah Kaji Kenaikan BBM Setelah Lebaran)

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berharap inflasi Juni ini setinggi bulan lalu atau 0,39 persen. Bila tingkat inflasi tersebut terealisasi maka bakal menjadi inflasi Ramadan terendah dalam lebih dari satu dekade.

“Agak susah sih memprediksinya, karena dia (BI) angkanya keluar 0,5 persen. Bukan enggak bisa turun. Kami sih berharap sama kayak bulan lalu, paling 0,39 persen,” ujar dia. (Baca juga: Darmin Proyeksikan Inflasi Ramadan 2017 Terendah dalam 10 Tahun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...