BEI: Dana Asing Masuk Bursa Rp 20 Triliun, Lampaui Pencapaian 2016

Miftah Ardhian
20 Juni 2017, 15:50
Potensi Pasar Modal
ANTARA FOTO/Agung M Rajasa

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat aliran dana asing (capital inflow) yang masuk bursa dari Januari hingga pertengahan tahun 2017 mencapai sekitar Rp 20 triliun. Pencapaian tahun ini diperkirakan melebihi realisasi arus modal asing ke bursa sepanjang 2016 yang tercatat Rp 20 triliun.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, bahkan secara teoritis arus dana asing yang masuk bursa mencapai sekitar Rp 25 triliun. Namun, dana sebesar Rp 5 triliun dipindahkan dari nama asing ke nama Indonesia. Sehingga, di atas kertas, capital inflow yang tercatat hanya sekitar Rp 20 triliun.

Advertisement

"Jadi, sebenarnya itu merupakan kenaikan yang banyak sekali. Kami percaya akhir tahun ini masih akan banyak dana yang masuk," ujar Tito saat ditemui wartawan di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (20/6). (Baca: BEI Pastikan Pasar Modal Libur 23-30 Juni 2017)

Tito mengatakan peningkatan arus modal karena produk-produk saham dari perusahaan yang go public memiliki kualitas yang baik. Hingga pertengahan tahun ini sebanyak 17 emiten baru yang melakukan penjualan saham perdana (initial public offering/IPO).

Hingga akhir tahun, diproyeksikan akan ada 30 emiten baru yang melantai di bursa. Bila prediksi tercapai, jumlah perusahaan yang IPO hampir dua kali lipat pencapaian 2016 sebanyak 16 perusahaan. (Baca: Penjualan Saham Perdana Anak Usaha Adhi Karya Mundur ke 2018)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement