Adhi Karya Siapkan LRT Tahap Kedua Rute Cibubur - Bogor

Michael Reily
4 Agustus 2017, 17:05
LRT Rute Cawang Cibubur
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Sejumlah kendaraan melaju di samping deretan tiang konstruksi proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Cawang-Cibubur yang sudah dipasang struktur \"U-Shape Girder\" di samping jalan tol Jagorawi kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (15

Pembangunan Kereta Api Ringan (Light Rail Transit/LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek) baru mencapai 17%. Namun, pemerintah dan PT Adhi Karya, Tbk akan menyiapkan perencanaan pembangunan tahap kedua.

Direktur Operasi Adhi Karya Pundjung Brata Setya menjelaskan, timnya tengah mendesain proyek LRT tahap kedua pada lintasan Cibubur - Bogor. Menurut Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2017, Adhi Karya memang ditugaskan untuk pembangunan LRT Jabodebek.

Advertisement

Menurut Pundjung, saat ini survei untuk penggambaran trase mulai dilakukan dan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. "Tahap dua kita coba paralel," ujarnya saat meninjau jalur LRT di Cibubur, Jawa Barat, Jumat (4/8).

(Baca juga:  Adhi Karya Targetkan Pembebasan Lahan LRT Rampung Bulan Depan)

Dia memberikan gambaran garis sempadan jalan masih luas untuk rencana lintasan Cibubur - Bogor sehingga berpotensi untuk membangun jalur di tanah, tidak melayang. Alhasil, akan terjadi pengurangan biaya untuk pembangunan konstruksi.

Dia mengaku pembangunan tahap kedua rencananya akan diprioritaskan untuk lintasan pelayanan Cibubur - Bogor sepanjang 25 kilometer dengan 3 stasiun. Selain itu, akan dibangun juga lintasan pelayanan Dukuh Atas - Senayan sepanjang 7,8 kilometer dengan 3 stasiun, dan lintasan pelayanan Palmerah - Grogol sepanjang 5,7 kilometer dengan 3 stasiun.

Sementara, untuk proyek LRT tahap I pembangunan tahap pertama baru mencapai 17 persen secara akumulatif hingga 28 Juli. Rinciannya, lintas pelayanan 1 Cawang - Cibubur 34,5 persen, lintas pelayanan 2 Cawang - Dukuh Atas 3,6 persen, dan lintas pelayanan 3 Cawang - Bekasi Timur 17,2 persen.

(Baca juga: Pengembangan Kawasan Bisa Tambah Penghasilan Proyek LRT 10%)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement