Masyarakat Belum Siap, Indonesia Tak Buru-buru Adopsi Teknologi 5G

Miftah Ardhian
15 Agustus 2017, 14:13
Internet digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan teknologi memperkirakan teknologi 5G yang kemungkinan bakal diluncurkan pada 2019 mendatang. Maka itu, pemerintah perlu mulai bersiap-siap. Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan pemerintah tidak akan buru-buru mengadopsi teknologi tersebut.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemenkominfo Basuki Yusuf Iskandar menjelaskan, pemerintah terlebih dulu harus mengakselerasi pendidikan pengguna agar bisa memanfaatkan keunggulan dari teknologi 5G. "Misalnya, kan saya kalau desa dikasih teknologi 5G tapi hanya digunakan untuk voice (telepon) dan SMS," kata dia dalam diskusi membahas kesiapan Indonesia memasuki era 5G di Gedung World Trade Center (WTC) I, Jakarta, Selasa (15/8).

Menurut dia, pemerintah juga masih perlu melakukan pembenahan infrastruktur terkait spektrum, layanan data, dan jaringan. "Tapi yang lain itu teknis, yang paling berat adalah social development-nya," ucapnya.

Atas dasar itu, ia menyatakan Indonesia tidak akan menjadi negara yang pertama mengadopsi teknologi 5G. Pemerintah akan melihat dulu bagaimana teknologi 5G tersebut bisa berkembang di berbagai negara. Namun, ia juga memastikan Indonesia tidak akan menjadi negara yang terakhir mengadopsi 5G.

Di sisi lain, Senior Director and Head of Goverment Affair, South East Asia, Taiwan, & Pacific Qualcomm Technology International Julie G. Welch menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan standar bagi penerapan teknologi 5G. Maka itu, ia pun mendorong pemerintah mulai mempersiapkan diri. "Pemerintah harus bersiap mengadopsi teknologi ini. Tanpa persiapan, maka akan sulit untuk mengantisipasi dari awal mengena, dampak dan keuntungan adanya teknologi ini," kata Julie.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...