Awal Bulan Depan, 90% Gerbang Tol Jasa Marga Pakai Sistem Nontunai

Ameidyo Daud Nasution
8 September 2017, 18:50
Gerbang tol
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

PT Jasa Marga (Persero) menargetkan 90% pembayaran di gerbang tolnya akan berjalan secara nontunai pada awal Oktober mendatang. Hal ini merupakan bagian dari rencana penggunaan 100% uang elektronik di gerbang tol pada tanggal 31 Oktober.

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, hingga saat ini perseroan masih menunggu kelengkapan kartu elektronik sebagai ganti uang tunai. Apalagi menurutnya, untuk mencapai target tersebut, perlu penyaluran 101 ribu kartu ke masyarakat setiap harinya.

"Untuk saat ini di 11 ruas tol Jasa Marga, 65% sudah gardu otomatis," kata Subakti saat pemaparan di kantornya, Jakarta, Jumat (10/9). (Baca juga: Jasa Marga: Baru 36% Pembayaran Nontunai di Tol Jabotabek)

Jasa Marga mempersiapkan hal ini dari jauh hari lantaran tidak ingin kejadian di gerbang tol Alam Sutera beberapa waktu lalu terulang. Saat itu, menurut Subakti, ada kekurangan kartu elektronik pada pemberlakuan transaksi nontunai.

Hal tersebut membuat petugas terpaksa menukar uang di luar lokasi tol. "Akhirnya saat itu ada kekacauan," kata Subakti.

Sedangkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, pemerintah telah meminta para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyiapkan penjualan kartu elektronik di gardu-gardu tol. (Baca juga:  Bayar Transportasi Umum di Jabodetabek Harus Pakai Uang Elektronik

Hal ini perlu dilakukan sebagai antisipasi jika ada pengguna tol yang belum mengetahui perubahan model pembayaran menjadi nontunai. "Selain itu relatif mudah, top up (mengisi kartu elektronik) bisa di ATM atau e-banking," kata Herry.

Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu elektronik seperi e-Money atau e-Toll Bank Mandiri, Brizzi Bank BRI, TapCash Bank BNI, Blink Bank BTN, serta Flazz BCA.

Dari akun instagram resmi Jasa Marga, berikut daftar gerbang tol yang siap berpindah sistem pembayaran dari tunai menjadi nontunai dalam waktu dekat:

12 September: Gerbang Tol (GT) Pejompongan

13 September: GT Jelambar II, GT Slipi II

14 September: GT Jelambar I, GT Angke I

15 September: GT Kuningan I, GT Tebet I, GT Meruya Utara 4

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...