Selain Meikarta, Beberapa Proyek Kota Baru Kepung Jawa Barat

Yuliawati
Oleh Yuliawati - Ameidyo Daud Nasution
12 September 2017, 21:56
Perumahan
Agung Samosir|KATADATA
Maket perumahan.

Pembangunan properti di kawasan Provinsi Jawa Barat meningkat pesat berkat beberapa proyek infrastruktur. Beberapa perusahaan properti jumbo mengincar pembangunan kota baru di Jawa Barat hampir berbarengan.

"Pembangunan infrasktruktur membuat daerah pinggiran memiliki koneksi yang terintegrasi dengan Jakarta sebagai pusat kota, hal ini yang mendorong pertumbuhan properti," kata pengamat properti Colliers International Research Ferry Salanto, Jakarta (12/9).

Advertisement

(Baca: Bos Lippo Optimistis Bisnis Properti Cerah Berkat Pertumbuhan Ekonomi)

Ferry mencontohkan meskipun jaraknya jauh dengan Jakarta, namun kawasan Cikarang dan Karawang menjadi mudah dijangkau dan berkoneksi langsung dengan Ibu kota, berkat pembangunan infrastruktur.

Beberapa proyek infrastruktur di kawasan tersebut yakni jalan tol layang Jakarta-Cikampek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan Light Rail Transit (LRT) koridor Cawang-Bekasi Timur-Cikarang. Selain itu pembangunan Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati, Majalengka.

(Baca: Geliat Usaha Digital Dorong Bisnis Perkantoran Jakarta)

Pengamat properti Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, Cikarang dan Karawang menjadi menarik karena selain pembangunan infrastruktur, wilayah tersebut merupakan kawasan industri. "Ada masyarakat bekerja, ada demand di sana," kata dia.

Berdasarkan hasil riset IPW, kata Ali, sebanyak 55% konsumen di kawasan Cikarang Bekasi mampu membeli tempat tinggal dengan harga Rp 150 juta.  Sehingga diperkirakan kawasan properti yang dibutuhkan untuk kelas menengah ke bawah. (Baca: Survei: 45 Persen Masyarakat Indonesia Tidak Siap Beli Properti)

Grup Lippo menyasar Cikarang dengan membangun megaproyek Meikarta seluas 500 hektar di Cikarang, Bekasi. Investasi yang disiapkan untuk membangun Meikarta sebesar Rp 278 triliun. Saat ini perusahaan masih terkendala izin dari Pemprov Jawa Barat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement