Banggar DPR Pangkas Cost Recovery Tahun 2018 Jadi US$ 10 Miliar

Anggita Rezki Amelia
18 September 2017, 22:59
Rig
Katadata

Badan Anggaran (banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menetapkan biaya penggantian operasi migas (cost recovery) US$ 10 miliar untuk tahun depan. Angka ini turun dibandingkan usulan pemerintah pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 sebesar US$ 10,7 miliar.

Angka yang dipatok itu juga lebih rendah dari APBN Perubahan 2017 sebesar US$ 10,5 miliar. "Setuju ya (US$ 10 miliar),"kata Ketua Banggar Azis Syamsuddin di Jakarta, Senin (18/9).

Advertisement

Sementara itu, Wakil Kepala SKK Migas Sukandar mengatakan sebenarnya usulan US$ 10,7 miliar ini sudah diefisiensikan dari sebelumnya US$ 11,4 miliar. Jadi, walaupun dipangkas, tahun depan cost recovery tetap bisa menembus US$ 10,7 miliar.

Salah satu penyebabnya adalah depresiasi yang besar untuk beberapa proyek. Alasan lainnya adalah kondisi lapangan yang sudah semakin tua, sehingga butuh biaya yang besar. "Makin hari, produksi ini isinya air, bukan minyak," ujar Sukandar.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial menerima keputusan Banggar karena sudah melalui proses diskusi. "Kesepakan Banggar memang US$ 10 miliar," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement