Google Akuisisi Pengembang Ponsel HTC Senilai Rp 14 Triliun

Pingit Aria
22 September 2017, 10:16
Google digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Raksasa teknologi Google mengumumkan tentang akuisisi sebagian aset perusahaan teknologi asal Taiwan, HTC. Aset yang diambil alih seharga US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun adalah divisi ponsel pintar (smartphone).

Dalam kesepakatan ini, Google akan mendapatkan sekitar 2.000 insinyur dari divisi yang merupakan otak dibalik ponsel HTC. Dalam pernyataan, Google menyebut akusisi ini memperlihatkan komitmen dalam mengembangkan ponsel pintarnya sendiri.

Advertisement

"Kami telah mengembangkan lini smartphone Google Pixel dan kami sangat senang untuk melihat apa yang bisa dilakukan bersama (tim pada divisi smartphone HTC) sebagai satu kesatuan tim," tulis Rick Osterloh, Wakil Presiden Senior bidang Perangkat Keras Google dalam sebuah blog yang dikutip dari The Verge, Kamis (21/9).

(Baca juga:  ASPI: Pakai Wifi Gratis untuk Transaksi Perbankan Berbahaya)

Banyak pihak menyebut, akuisisi ini merupakan langkah awal Google untuk memecah dominasi iPhone milik Apple dan Samsung Galaxy di pasar ponsel pintar global. Namun Osterloh tak menjawabnya dengan gamblang. “"Terlalu dini untuk Google bicara bisnis perangkat keras," ujarnya.

Menurutnya, bagi Google, perjanjian tersebut akan makin memperkuat komitmen perusahaan terhadap bisnis smartphone dan investasi keseluruhan dalam perangkat keras. Misalnya saja smartphone Pixel, Google Home, Google Wifi, virtual reality headset Daydream, dan Chromecast Ultra.

"Kami fokus dalam membangun kemampuan inti kami, selagi menciptakan portofolio produk-produk," kata Osterloh.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement