Jokowi Minta Tol Pertama di Sumsel Digratiskan Hingga Akhir Tahun

Ameidyo Daud Nasution
13 Oktober 2017, 11:47
Jokowi Resmikan Tol Palindra
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi meresmikan tol Palembang - Indralaya seksi I, yang merupakan bagian dari Trans Sumatera, Kamis (12/10)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar tol Palembang - Indralaya (Palindra) Seksi I digratiskan kepada seluruh pengguna kendaraan, paling tidak hingga akhir tahun ini. Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan pengoperasian ruas tol Trans Sumatera tersebut kemarin.

Menurutnya, tol Palindra merupakan jalan tol pertama di Sumatera Selatan. Atas dasar inilah Presiden ingin menggratiskan tol tersebut, agar masyarakat Sumatera Selatan bisa berkesempatan menjajal tol sepanjang 7,6 kilometer ini. "Jadi jangan dipungut biaya dulu," ujar Jokowi kemarin melalui keterangan resmi Sekretariat Presiden, Jumat (13/10).

Advertisement

Jokowi mengatakan dirinya secara langsung telah mendatangi proyek tol ini sebanyak empat kali. Kehadiran Presiden juga diyakini dapat memberikan semangat dan motivasi agar pembangunan jalan tol tersebut selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Apalagi jalan tol di Sumatera Selatan memerlukan perlakuan khusus, karena medannya sangat sulit dalam pengerjaannya. Sebagian besar daerah tersebut merupakan rawa dan airnya harus disedot terlebih dahulu sebelum dibangun. "Biayanya hampir 1,5 kali lipat karena harus menggali 7 meter," kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Minta Jepang Ikut Danai Proyek Tol Trans Sumatera)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement