Berkontribusi Besar, Sektor Peternakan Ditargetkan Tembus Pasar Dunia

Michael Reily
4 Juli 2018, 17:25
Peternakan Ayam
Antara
Permintaan daging ayam terus meningkat

Kementerian Pertanian menyebut sektor peternakan telah berkontribusi cukup besar terhadap pembangunan, khususnya di wilayah pedesaan. Alasannya, subsektor peternakan mampu menyumbang sekitar 15,87% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional pada 2017.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita menyatakan capaian kinerja  peternakan saat ini merupakan buah  kerja sama antara pelaku usaha peternakan dan pemerintah.  

Pertumbuhan PDB subsektor peternakan pada 2017 menunjukkan tren positif sebesar 3,83% . Sedangkan data Badan Pusat Statistik (BPS) juga menunjukan,  per Agustus 2017 terdapat 3,84 juta tenaga kerja yang terserap  di subsektor peternakan.

(Baca : Kementan Dorong Peningkatan Populasi Sapi dengan Inseminasi Buatan)

Ketut mengungkapkan permintaan masyarakat terhadap  protein hewani terus meningkat sejalan dengan kenaikan PDB per kapita. Dia juga menilai Indonesia  sedang menuju fase swasembada protein hewani.

Selain diklaim telah mampu memproduksi sendiri, beberapa komoditas peternakan bahkan tercatat telah berhasil menembus pasar ekspor,  seperti obat hewan, daging sapi premium, wagyu beef, pakan ternak, telur tetas, ayam usia sehari (day old chicks /DOC), daging ayam olahan. 

“Indonesia sudah ekspor ternak domba potong ke Malaysia dan dalam waktu dekat juga akan ekspor unggas lokal ke Malaysia,” ujar Ketut kata Ketut di Jakarta, Rabu (4/7)..

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...