Inilah Topik-topik Riset yang Menarik untuk LPS Call for Research

Tim Riset dan Publikasi
Oleh Tim Riset dan Publikasi - Tim Publikasi Katadata
30 Oktober 2018, 11:07
destry
Katadata/Arief Kamaludin

Lembaga Penjamin Simpanan berencana untuk melanjutkan program LPS Call for Research pada tahun depan, demi mendorong penelitian-penelitian berkualitas yang dapat dijadikan referensi pengambilan kebijakan.

Anggota Dewan Komisioner LPS Destry Damayanti mengatakan masih banyak tema penelitian yang dapat dieksplorasi, terutama terkait peran dan kinerja Komite Kebijakan Sistem Keuangan (KKSK) dalam menjaga stabilitas ekonomi Indonesia.

Selain itu, para peneliti diharapkan dapat mengikuti perkembangan zaman, dan mulai melakukan riset terhadap topik-topik yang berhubungan dengan teknologi dan keuangan.

“Saat ini fintech [teknologi finansial] sedang naik daun, tapi kita harus melihat apakah yang terjadi di Indonesia itu fintech atau techfin [finansial teknologi], karena idealnya fintech itu membuat transaksi semakin efisien, tapi yang ada saat ini banyak bermunculan peer-to-peer lending yang ternyata bunganya masih tetap besar,” paparnya saat pembukaan LPS Research Fair, Selasa (25/9).

Di sisi lain, Destry juga menyebutkan tentang pentingnya penelitian yang berhubungan dengan fungsi dan tugas LPS demi pengambilan kebijakan yang lebih tepat dan optimal.

Berikut adalah topik-topik penelitian yang menarik untuk ditelaah ke depannya menurut ekonom dan Mantan ketua panitia seleksi calon pimpinan KPK tersebut:

  • Perubahan lingkungan ekonomi global, bagaimana Indonesia dapat meningkatkan resiliensi dari peningkatan ketidakpastian global? Bagaimana lembaga-lembaga anggota KKSK (kementerian keuangan, BI, OJK dan LPS) dapat berperan dalam hal ini?
  • Bagaimana industri perbankan dapat menghadapi tantangan tren peningkatan suku Bunga dan kompetisi dari perusahaan-perusahaan fintech?
  • Bagaimana skema penjaminan LPS yang lebih optimal dalam rangka menjaga kepercayaan publik?
  • Bagaimana mengoptimalkan peran baru LPS sebagai otoritas resolusi dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan nasional?
  • Bagaimana mengoptimalkan koordinasi antara lembaga-lembaga anggota KSSK dalam tugasnya menjaga stabilitas sitem keuangan nasional?

Sementara itu, LPS Research Fair 2018 merupakan ajang untuk mendiseminasi hasil-hasil awal penelitian yang dilakukan oleh para akademisi yang dijaring dari kegiatan LPS Call for Research 2017. Topik-topik yang diajukan berkenaan dengan lingkup fungsi dan tugas LPS yang terkait penjaminan, resolusi bank, dan stabilitas keuangan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...