Uji Coba Angkutan KA Pelabuhan Show
Arief Kamaludin|KATADATA
Donang Wahyu
18 Februari 2016, 17:43

Rizal Ramli Uji Coba Kereta Pelabuhan Tanjung Priok

KATADATA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumbr Daya Rizal Ramli melakukan uji coba implementasi pengangkutan kontainer dengan kereta barang dari Stasiun Pasoso ke Jakarta International Container Terminal (JICT) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis, 18 Februari 2016. Rizal Ramli mengklaim beroperasinya jalur kereta api (KA) logistik di Pelabuhan Tanjung Priok akan memangkas sepertiga kemacetan dan waktu tunggu bongkar muat atau dwelling time di Pelabuhan yang sempat membuat marah Presiden Joko Widodo. 

Rizal menyatakan waktu bongkar muat sejak tahun lalu di pelabuhan menunjukkan semakin membaik. "Tadinya 7 - 8 hari, sekarang sudah turun 3,5 hari. Kalau kereta barang sudah jalan, perbaikan sistem single window, diharapkan bongkar muat kurang dari dua hari," katanya.

Direktur Operasi KA Logistik Sugeng Priyono menambahkan pembangunan jalur kereta barang sepanjang 1,8 kilometer telah mencapai 95 persen dan bisa beroperasi pada awal Maret nanti. Pembangunan jalur kereta api ke Pelabuhan Tanjung Priok dalam beberapa bulan belakangan memang dikebut oleh PT Kereta Api Indonesia.  

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami