GIIAS 2016 Show
Arief Kamaludin|KATADATA
Donang Wahyu
11 Agustus 2016, 19:59

Pameran Otomotif Terbesar, Barometer Perekonomian Negara

Hajatan tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kembali digelar mulai Kamis (11/8) ini hingga 21 Agustus mendatang di Indonesia Convention and Exhibition (ICE), Kawasan BSD City, Tangerang.

Pameran yang menempati area seluas 96.751 m2 ini, mendapat akreditasi dan pengakuan dari Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA) yang memayungi seluruh asosiasi industri kendaraan bermotor di seluruh dunia. Jadi, GIIAS sudah setara dengan pameran otomotif kelas dunia, seperti Tokyo Motor Show, Auto China Beijing, atau Frankfurt Auto Show. 

GIIAS 2016 menghadirkan 34 merek kendaraan dari agen pemegang merek (APM), yang terdiri atas 25 merek kendaraan angkut dan 6 kendaraan niaga. Selama 10 hari pameran, ada 33 produk baru kendaraan yang akan diperkenalkan kepada publik. Bahkan, beberapa di antaranya belum pernah ditampilkan di negara manapun.

Saat membuka secara resmi acara ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla memuji industri otomotif yang mampu membukukan penjualan 1 juta unit kendaraan setiap tahun. Efek berantai industri otomotif sangat besar. "Apabila industri ini berkembang, maka industri pendukung yang lebih kecil juga akan berkembang," ujarnya.

Dengan begitu, industri otomotif di Indonesia bisa menjadi indikator penting berhasil atau tidaknya perekonomian seperti di negara-negara maju lainnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami