Presiden Jokowi mengatakan hal itu dilakukan untuk mengenalkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya dari beragam suku bangsa.
13
Peringatan Hari Kemerdekaan ke 72 th
Foto ke 1 dari 13
Warga mengikuti upacara bendera di Sungai Kalianyar, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (17/8). Kegiatan upacara di sungai tersebut digelar untuk peringatan HUT Ke-72 RI sekaligus sebagai kampanye pelestarian sungai. ANTARA FOTO/Maulana Surya

Peringatan hari ulang tahun ke-72 Republik Indonesia di Istana, Kamis (17/8) tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Warna-warni baju adat dari Sabang sampai Merauke meramaikan halaman depan Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertindak sebagai inspektur upacara mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Kalimantan Selatan. Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat Minangkabau.

Presiden Jokowi mengatakan hal itu dilakukan untuk mengenalkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya dari beragam suku bangsa.

Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir mengenakan baju adat Bugis, dan beberapa pejabat lain juga mengenakan pakaian tradisional. 

Semangat kemeriahan dan keberagaman memperingati Hari Kemerdekaan ke 72 tahun ini juga direkam oleh para pewarta foto ANTARA yang berada di penjuru Nusantara, dengan beragam latar belakang kedaerahan dan keunikannya masing-masing, berikut laporannya.

Artikel Terkait
Larangan spekulasi membuat sistem ekonomi syariah dinilai kebal krisis.