Dari 617 perusahaan kelapa sawit 25 perusahaan raksasa tersebut memiliki 51 luas lahan kelapa sawit di Indonesia

KATADATA ? Publikasi Perkumpulan Transformasi Untuk Keadilan (TUK) Indonesia menyebutkan 25 grup usaha besar menguasai 51% atau 5,1 juta hektar lahan kelapa sawit di Indonesia. Luas tersebut hampir setara dengan luas setengah Pulau Jawa. Dari luasan tersebut baru 3,1 juta hektar yang sudah ditanami, sisanya belum digarap.

Dari ke-25 grup bisnis tersebut, 21 perusahaan telah terdaftar di bursa efek. Ada sebelas perusahaan yang terdaftar di bursa efek di Jakarta, enam di bursa efek Singapura, tiga di Kuala Lumpur dan satu perusahaan di bursa efek London. Umumnya pengelolaan saham dilakukan melalui perusahaan induk di negara ramah pajak.

Lima perusahaan disebut memiliki penguasaan lahan melebihi 300 ribu hektar. Kelima grup usaha tersebut ialah Grup Wilmar, Sinar Mas, Jardine Matheson, Grup Salim serta Surya Dumai.

Ekspansi perkebunan kelapa sawit di Indonesia terbilang pesat. Menurut Direktur Profundo Jan Willem van Gelder, dalam 5 tahun luas lahan bertumbuh 35% atau hampir seluas Pulau Bali. Total luas lahan kelapa sawit di Indonesia saat ini mencapai 10 juta hektar.

 

Leafy Anjangi