Dua Kandidat Nakhoda Tim Ekonomi

Image title
Oleh
28 Juli 2015, 19:58

KATADATA ? Isu perombakan kabinet terus bergulir. Di sektor ekonomi, pos Menteri Koordinator Perekonomian santer disebut bakal ditempati sosok baru. Dua ekonom senior, Darmin Nasution dan Rizal Ramli muncul sebagai dua kandidat kuat menggantikan posisi yang kini ditempat Sofyan Djalil.

Kedua nama tersebut menyisihkan sejumlah kandidat lain yang sebelumya juga dijagokan untuk memimpin tim ekonomi. Mereka adalah Sri Mulyani Indrawati (Direktur Pelaksana Bank Dunia), Kuntoro Mangkusubroto (Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan/UKP4 di era SBY), serta Iwan Jaya Azis (ekonom senior UI dan guru besar Cornell University).

Melihat latar belakang Darmin dan Rizal, keduanya pernah menduduki pos penting di portofolio ekonomi. Rizal, misalnya, pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan di era pemerintahan Abdurrahman Wahid. Adapun Darmin pernah menjadi Gubernur Bank Indonesia, menggantikan Boediono yang menjadi Wakil Presiden.

Dari sisi dukungan politik, kedua kandidat tersebut memiliki akses ke lingkaran istana. Rizal memiliki kedekatan dengan Kepala Staf Kantor Kepresidenan Luhut Pandjaitan, selain dikabarkan mendapat restu Megawati. Sedangkan Darmin kerap memberi masukan kepada Jokowi dalam kapasitasnya sebagai Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami