Megaproyek 1.050 km Jalan Tol Indonesia

Muchamad Nafi
17 November 2015, 14:47

KATADATA - Infrastruktur menjadi prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. Pembangunan megaproyek jalan tol sepanjang 1.050 kilometer yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi akan digenjot. Pengembangan transportasi jalur darat ini diharapkan membuat wilayah Indonesia semakin terintegrasi serta meningkatkan perekonomian daerah. 

Proyek besar tersebut membutuhkan biaya konstruksi Rp 98,3 triliun dengan total nilai investasi Rp 167,4 triliun yang bersumber dari dana internal Badan Usaha Milik Negara, investasi asing, maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Target jalan tol yang terbangun tahun ini yakni 132 kilometer dan 130 kilometer pada 2016. Untuk tahun ketiga hingga kelima, panjang jalan yang dapat beroperasi diharapkan bertambah 194, 347, dan 247 kilometer.

Walau optimistis akan tercapai, pembebasan lahan tetap menjadi kendala utama dalam membangun jalur bebas hambatan ini, sebagaimana tahun-tahun yang lalu. Dari total 1.050 kilometer jalan tol yang akan dikerjakan, 896 kilometer masih dalam proses pengambilalihan lahan.

Reporter: Agus Dwi Darmawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami