Selain bersilaturahmi, libur Idul Fitri juga dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat wisata. Sejumlah objek wisata di Jakarta, selama libur lebaran, tumpah ruah diserbu warga.

Selain bersilaturahmi, libur Idul Fitri juga dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat wisata. Sejumlah objek wisata di Jakarta, selama libur lebaran, tumpah ruah diserbu warga. Dari berbagai tempat plesir yang tersebar di ibu kota, ada empat lokasi yang saban tahun ramai dikunjungi warga. Empat tempat itu antara lain Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, dan Monumen Nasional.

Buat mereka yang ingin menawar rindu menghirup udara segar alam terbuka. Taman Margasatwa Ragunan adalah pilihan tebaik. Kebun binatang seluas 140 hektar ini punya koleksi 3.122 satwa dari berbagai belahan dunia. Asal tahu saja, kebun binatang berumur 150 tahun ini tercatat sebagai kebun binatang kedua terbesar di dunia.

Untuk menikmati pesona wisata alam ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 3.000 untuk anak dan Rp 4.000 untuk dewasa. Pada H+3 lebaran 2016 sebanyak 135 ribu pengunjung hilir mudik di kawasan wisata yang buka pukul 07.00 - 16.00 WIB ini. Jika anda berencana berkunjung ke Ragunan, ada baiknya datang lebih awal untuk mempersingkat antrian. Pastikan juga anak kecil dan lanjut usia selalu berada dalam pengawasan.

Lokasi kedua yang paling ramai dikunjungi adalah Taman Impian Jaya Ancol (Ancol). Kawasan wisata terintegrasi ini menawarkan berbagai pilihan rekreasi. Mulai dari 27 wahana permainan di Dunia Fantasi (Dufan), aquarium raksasa SeaWorld, kolam renang tematik Atlantis, sampai wisata pinggir pantai.

Pada H+1 lebaran tahun lalu Ancol dikunjungi lebih dari 115 ribu pengunjung. Pengunjung memang tidak akan kesulitan mencari tempat makan. Namun untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung alangkah baiknya apabila membawa air minum dan makanan secukupnya.  Buat masuk ke kawasan yang dibangun pada 1966 ini pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 25.000.

Lokasi ketiga yang juga ramai dikunjungi saat libur lebaran adalah Taman Mini Indonesia Indah. Kawasan rekreasi budaya yang ada di Jakarta Timur ini pada H+4 libur lebaran tahun lalu dikunjungi sekitar 60 ribu pengunjung.

Dengan merogoh kocek Rp 15.000 anda sudah bisa menikmati berbagai wahana. Mulai dari miniatur kepulauan nusantara, 33 anjungan rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia, teater Keong Emas, sampai berbagai pertunjukan seni. Pastikan anda dalam kondisi prima untuk menjajal 150 hektar kawasan yang diresmikan pada 1975 ini.

Terakhir, Monumen Nasional  (Monas). Monumen peringatan  setinggi 132 meter yang ada di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat ini selalu menarik banyak pengunjung. Pada H+1 libur lebaran tahun lalu sebanyak 45 ribu pengunjung plesiran di museum sejarah ini. Sebanyak 9.500 pengunjung bahkan masuk ke dalam tugu. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB. Tiket masuknya sebesar Rp 3.000 untuk anak dan  Rp. 4.000 untuk dewasa. Sebaiknya gunakan angkutan umum, supaya tidak kesulitan mencari parkir.

Muhammad Firman
Artikel Terkait
Proyek pembangunan pelabuhan khusus kapal pesiar (cruise) di Tanjung Benoa, Bali mulai dibangun. Luhut mengklaim pelabuhan kapal pesiar ini akan menandingi pelabuhan di Singapura.