Kesetaraan Gender, Indonesia Masuk 10 Besar di Asia

Tim Publikasi Katadata

Rabu 12/9/2018, 15.12 WIB

Berdasarkan The Global Gender Gap Index pada 2017, Indonesia berada di peringkat 9 sebagai negara dengan skor kesetaraan gender tertinggi di Asia.

kesetaraan gender 10 besar di asia

Berdasarkan The Global Gender Gap Index pada 2017, Indonesia berada di peringkat 9 sebagai negara dengan skor kesetaraan gender tertinggi di Asia, berada satu peringkat di atas Kamboja yang menempati posisi ke 10.

Dari peringkat 10 besar di Asia, negara dengan tingkat kesetaraan tertinggi pada bidang partisipasi dan kesempatan ekonomi dipegang oleh Mongolia dengan skor 0.776 di atas skor rata-rata global sebesar 0.585.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Dalam bidang pendidikan skor sempurna didapatkan oleh Filipina, yang menunjukkan sudah tidak adanya kesenjangan antara perempuan dan laki-laki dalam mengakses pendidikan tertinggi, sedangkan skor rata-rata global untuk indikator ini sebesar 0.953.

Untuk indikator kesehatan dan bertahan hidup, skor tertinggi didapatkan oleh Mongolia dan Kamboja sebesar 0.980, dengan skor rata-rata global 0.956. Sedangkan untuk pemberdayaan politik dipegang oleh Bangladesh dengan skor 0.493 di atas skor rata-rata 0.227.

Adapun, Indonesia mendapati skor di atas rata-rata global untuk indikator partisipasi dan kesempatan ekonomi, jenjang pendidikan tertinggi, serta kesehatan dan bertahan hidup. Sayangnya, untuk pemberdayaan politik hanya mendapatkan skor 0.193 di bawah rata-rata global sebesar 0.227.

Investing in Women

Investing in Women merupakan inisiatif Pemerintah Australia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan pengurangan kemiskinan di Asia Tenggara. Investing in Women didirikan untuk meningkatkan partisipasi ekonomi perempuan, membangun pasar bagi perempuan dan mempengaruhi lingkungan sektor swasta dan publik untuk mempromosikan pemberdayaan ekonomi perempuan di Filipina, Vietnam, Myanmar dan Indonesia.