Yang Terjadi Saat Ini Bukanlah Krisis

Maria Yuniar Ardhiati
2 Mei 2016, 06:00
David Carbon
Arief Kamaludin|KATADATA

Perekonomian berbagai negara sedang menghadapi ujian. Dalam wawancara dengan sejumlah wartawan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, pada Senin, 25 April 2016, Kepala Ekonom Development Bank of Singapore (DBS) David Carbon menyebutkan pertumbuhan ekonomi akan terus melambat. Namun hal ini bukanlah suatu krisis. 

Karena itu, tidak semua negara mengalami pelambatan ekonomi. Bahkan, sejumlah negara malah menuju perbaikan. Misalnya, Indonesia, Filipina, India, dan Thailang sedikit membaik tahun ini. Namun Malaysia dan Cina melemah. Secara keseluruhan, kondisi perekonomian di Asia sudah lebih baik dalam tiga tahun terakhir.

Advertisement

Carbon menuturkan, selama ini pemberitaan di koran seakan-akan menjelaskan perlambatan ekonomi terjadi di seluruh belahan dunia. Tapi dalam pandangannya tidaklah demikian. Amerika Serikat, sebagai contoh, tidak berubah sama sekali. Berikut ini petikan wawancara dengannya.

Perekonomian dunia saat ini mengalami pelambatan. Apa penyebabnya?

Semua orang di dunia mencemaskan krisis global, mengkhawatirkan pelambatan ekonomi. Sebaiknya kita terbiasa dengan kondisi ini karena memang pertumbuhan tidak akan beranjak membaik dalam waktu singkat. Akan tetap di posisinya. Bahkan, pertumbuhan akan melambat dan terus melambat. Yang tidak disadari oleh kita selama ini adalah pertumbuhan populasi juga melambat. Selain itu, perkembangan kelompok usia bekerja yang melambat pun luput dari pengamatan kita.         

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi pada kuartal pertama tahun ini?

Saya ingin menjelaskan mengenai yang terjadi untuk jangka pendek. Apa yang terjadi pada kuartal pertama? Pasar melemah. Kita bisa melihatnya di mana saja. Hal ini membuat bank sentral dan International Monetary Fund (IMF) cemas. Begitu pula dengan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Bank of Japan (BoJ) bahkan menurunkan suku bunganya hingga ke level negatif. Sementara itu, The Fed sudah memulai program mormalisasinya, karena semua orang sekarang takut adanya krisis.

Jadi saat ini dunia bersiap menghadapi krisis?

Sebenarnya, jika kita melihat proyeksi pertumbuhan, tidak ada yang namanya krisis. Kita ambil Eropa sebagai contoh. Pertumbuhan Eropa diprediksi 1,5 persen tahun ini. Angka tersebut sedikit lebih baik dibanding tahun lalu yang sebesar 1,4 persen. Di tahun sebelumnya, pertumbuhan bahkan nol persen. Jadi angka 1,5 persen ini sebenarnya membaik, bukan melemah.

Bagaimana dengan negara-negara di Asia?

Jepang diperkirakan mengalami pertumbuhan 0,6 persen. Ini lebih baik dari tahun lalu maupun tahun-tahun terdahulu yang hampir menyentuh nol. Di Asia, pertumbuhan diharapkan mencapai 6 persen, atau tepatnya 5,8 persen. Sebenarnya ini lebih rendah dibanding tiga atau empat tahun silam yang mencapai 6,5 persen. Namun perbedaan ini tidak terlalu besar. Hal ini bukanlah krisis. Saya tidak mengerti mengapa banyak yang menganggapnya sebagai krisis. Pasar sudah kembali bergairah setelah sempat panik. Tidak ada lagi alasan bagi pasar untuk kembali melemah. Yang sekarang terjadi adalah inflasi inti yang terus-menerus.

Kebijakan apa yang dikeluarkan bank-bank sentral dalam menghadapi inflasi?

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement