Pembangunan IKN Bakal Libatkan 9.300 Pekerja

Adi Ahdiat
27 Agustus 2022, 21:26
Proyek pembangunan jalan lingkar Sepaku Segmen 2 di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022).
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.
Proyek pembangunan jalan lingkar Sepaku Segmen 2 di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022).

Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) akan melibatkan ribuan pekerja konstruksi untuk pembangunan infrastruktur tahap pertama di IKN.

Hal ini diungkapkan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe saat membuka acara "Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Konstruksi dalam Persiapan Pembangunan Infrastruktur IKN" di Sepaku, Kab. Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/8/2022).

"Jumlah calon tenaga kerja yang akan dididik untuk pembangunan infrastruktur di IKN mencapai 9.300 orang," kata Dhony.

Pelatihan untuk pekerja pembangunan IKN akan berlangsung dalam lima tahap, mulai dari hari ini dan ditargetkan selesai pada akhir 2022.

Adapun untuk gelombang pertama akan ada pelatihan dan sertifikasi konstruksi untuk 817 pekerja dari Kalimantan Timur, serta pelatihan pemodelan infrastruktur bangunan di bawah bimbingan beberapa universitas di Indonesia untuk 718 pekerja. Dengan demikian, peserta pelatihan tahap pertama ini berjumlah 1.535 orang.

Dhony menyebut IKN akan dibangun menjadi kota cerdas dan berkelanjutan. "Selain untuk memenuhi kebutuhan manusia, pembangunan ibu kota juga ditujukan untuk memelihara flora, fauna, dan makhluk hidup lainnya agar dapat hidup selaras," jelasnya.

Dhony juga menegaskan pembangunan IKN bertujuan untuk menumbuhkan pusat ekonomi di luar Jakarta, demi mewujudkan pemerataan kesejahteraan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...