Waspada! Cuaca Ekstrem dan Hujan Lebat saat Mudik Lebaran

Aditya Widya Putri
9 April 2023, 15:21
Pengendara roda dua menerobos hujan di Pandeglang, Banten, Senin (13/3/2023). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yakni lebih dari 50 milimeter pada hari Senin (13/3)
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc.
Pengendara roda dua menerobos hujan di Pandeglang, Banten, Senin (13/3/2023). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yakni lebih dari 50 milimeter pada hari Senin (13/3).

Masyarakat khususnya pemudik harus waspada potensi hujan lebat dan cuaca buruk pada masa mudik lebaran nanti. Kondisi ini diprediksi terjadi di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

“Perlu menghindari pelayaran di sekitar Perairan Barat Sumatera, Perairan Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara serta di Perairan Utara Papua. Daerah itu tidak boleh dilayari dan harus dihindari dengan segala cara,” terang Kepala Pusat Meteorologi Kelautan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Eko Prasetyo.

Akibat cuaca buruk, BMKG juga memperingatkan risiko penundaan berbagai moda transportasi mudik di seluruh Indonesia, terutama transportasi jalur laut.

“Hujan berpotensi terjadi di sebagian besar pelabuhan di Indonesia, oleh karena itu kewaspadaan atau langkah adaptasi menjadi keharusan bagi pemudik yang hendak mudik Lebaran melalui jalur laut,” katanya.

Beberapa daerah yang berpotensi turun hujan antara lain Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Tengah, dan Tenggara, Maluku, dan Papua.

mengingatkan masyarakat akan potensi hujan lebat dan cuaca buruk di beberapa daerah di Indonesia selama masa mudik Lebaran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...