Benarkah Suara PDIP Pecah akibat Dukungan Relawan ke Prabowo?

Aditya Widya Putri
21 Mei 2023, 10:18
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) bersama relawan Jokowi Mania memberikan keterangan usai pertemuan di Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Dalam pertemuan tersebut Dewan Pimpinan Pusat Jokowi Mania (Joman) menyampaikan dukungan
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) bersama relawan Jokowi Mania memberikan keterangan usai pertemuan di Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Dalam pertemuan tersebut Dewan Pimpinan Pusat Jokowi Mania (Joman) menyampaikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sekaligus mendeklarasikan pembentukan organsasi masyarakat Prabowo Mania 08.

Dukungan relawan Gibran dan Jokowi se-Jateng dan Jatim kepada bakal calon presiden (bacapres), Prabowo Subianto membikin suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terpecah jadi dua: Ganjar Pranowo dan Prabowo.

Meski tak pernah menyatakan dukungan secara langsung, gestur politik Gibran beberapa kali terlihat condong ke Prabowo. Teranyar, ia hadir dalam deklarasi dukungan relawan Gibran dan Jokowo di Angkringan Omah Semar Jajar Laweyan Solo, Jawa Tengah, Jumat malam, (19/5).

"Yang paling tegas sikapnya itu Pak Prabowo untuk meneruskan program kerjanya Pak Jokowi," ujar Koordinator Relawan Gibran, Kuat Hermawan Santosa mewakili 15 Koordinator Lapangan (Korlap) dari Relawan Jokowi-Gibran, dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dalam pertemuan itu, Prabowo lebih dulu bertemu dengan Gibran secara tertutup selama 1 jam, baru dilanjutkan pertemuan terbuka dengan relawan.

Sejumlah relawan ini terdiri dari Pernyataan sikap pada Jumat (19/5/2023) ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan 100 perwakilan relawan yang bertemu di Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Menilik ke belakang, pada Juni tahun lalu (2022) Gibran pernah diajak berkuda oleh Prabowo di rumah Hambalang. Kemudian pada Januari 2022 ganti Prabowo datang ke Solo dan menyatakan dukungan apabila Gibran berlaga di Pilgub 2024 nanti.

Di sisi lain, bacapres PDIP, Ganjar Pranowo tak merasa khawatir terhadap manuver politik dari relawan Gibran-Jokowi. "Nggak apa-apa," katanya di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (20/5).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...