Digadang Jadi Cawapres Ganjar, Nasaruddin Umar Tunggu Petunjuk Tuhan

Andi M. Arief
19 Mei 2023, 13:15
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kanan) saat mendampingi Istri Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Wan Azizah Wan Ismail (kiri) ke Masjid Istiqlal di Jakarta, Senin (9/1/2023).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kanan) saat mendampingi Istri Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Wan Azizah Wan Ismail (kiri) ke Masjid Istiqlal di Jakarta, Senin (9/1/2023).

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar digadang-gadang sebagai kandidat calon wakil presiden mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden 2024. Namun, Nasaruddin menyampaikan dirinya belum memberikan jawaban atas tawaran tersebut.

Nasaruddin dan Ganjar mengadakan pertemuan di Manado, Sulawesi Utara belum lama ini. Nasaruddin mengatakan pertemuan tersebut sebatas halal bihalal dan hanya membicarakan topik kebangsaan.

Nasaruddin melanjutkan dirinya tidak membahas hal-hal yang menyangkut politik praktis saat bertemu Ganjar. Walau demikian, Nasaruddin tidak eksplisit menolak jika mendapatkan tawaran sebagai calon wakil presiden dari kandidat manapun.

"Kalau saya biasanya mengambil keputusan, yang penting mengambil istikharah dulu. Saya belum istikharah, tergantung hasil istikharah nanti," kata Nasaruddin di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jumat (19/5).

Istikharah adalah salah satu jenis salat sunnah dalam agama Islam. Umat Islam menjalankan saalat istikharah bertujuan memohon kepada Tuhan untuk ditunjukkan pilihan yang benar.

Nasaruddin menyatakan tidak pernah bermimpi menjadi pemimpin di bidang apapun, termasuk menjadi Wakil Presiden. Dia menyatakan masih menikmati bekerja sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal.

Di samping itu, Nasaruddin mengatakan belum berencana bertemu dengan bakal calon presiden lainnya dalam waktu dekat. "Saya belum pernah dihubungi siapapun untuk bertemu bakal calon presiden lain," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...