6 Wisata Pantai Banyuwangi Beserta Keunikannya

Image title
10 Maret 2022, 14:38
Ilustrasi, wisata pantai Banyuwangi.
ksmtour.com
Ilustrasi, wisata pantai Banyuwangi.

Di sepanjang Pulau Jawa, tersebar banyak pantai indah. Beberapa pantai-pantai indah tersebut berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Kabupaten yang dikenal sebagai "The Sunrise of Java" ini bisa menjadi destinasi berlibur paket lengkap karena memiliki perpaduan antara pemandangan alam dengan kekayaan kesenian dan budaya yang memesona.

Wisata Pantai Banyuwangi

Kabupaten dengan luas 5.782 km2 ini menyimpan banyak pantai eksotis dengan keunikannya tersendiri yang siap untuk dikunjungi.

Kekayaan pantai Banyuwangi sebagai destinasi wisata dibarengi dengan melimpahnya sumber daya laut yang dimiliki. Dari tahun ke tahun, Banyuwangi tidak pernah absen sebagai salah satu peghasil ikan terbesar. Ada sekitar 300 lebih Unit Pengelolah Ikan (UPI), dan daerah yang paling banyak menghasilkan ikan adalah Muncar.

Lalu, apa saja pantai-pantai indah yang ada di Banyuwangi? Bagaimana keindahan panorama alam beserta fasilitas wisatanya? berikut ulasannya!

1. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade.
Pantai Sukamade. (ksmtour.com)

Wisata pantai Banyuwangi yang pertama yaitu Pantai Sukamade. Destinasi wisata berjarak sekitar 97 kilometer (km) ke arah barat daya Banyuwangi memiiki pemandangan yang asri dan tenang karena jauh dari ingar-bingar aktivitas kota.

Di sini, terdapat perkebunan seluas 1.200 hektare (Ha) yang merupakan perkebunan karet, kopi, dan kakao. Selain itu, pantai ini merupakan tempat Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur yang mengurusi pelestarian penyu.

Wisata petualangan malam ke Sukamade merupakan perjalanan yang tak terlupakan. Pengunjung akan dipandu oleh pengelola untuk menemukan penyu datang ke pantai untuk bertelur. Wisatawan bisa melihat penyu betina bertelur lebih dari seratus butir di pantai berpasir.

Jalan menuju pantai Sukamade tergolong sudah bagus dan halus. Di tengah perjalanan, pengunjung dapat singgah di Teluk Hijau, yaitu sebuah teluk yang indah dengan tebing-tebing menjulang tinggi di sekitarnya.

2. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah.
Pantai Pulau Merah. (pantainesia.com)

Pantai Pulau Merah punya daya tarik tersendiri berupa pasir pantai yang tampak berwarna merah muda lembut dan garis pantai yang panjang. Selain itu, pantai ini memiliki pulau sendiri dengan tanah merah dan vegetasi hijau berbentuk kecil seperti gunung. Ketika air laut surut, wisatawan bisa berjalan kaki menyeberang dan menjelajahi pulau dari dekat.

Pantai Pulau Merah juga dikenal karena ombaknya yang cukup tinggi, sehingga tak jarang para peselancar datang untuk menguji sendiri keganasan ombak di pantai ini. Dengan ombak rata-rata setinggi 2 meter, pantai ini sangat cocok untuk melatih kemampuan berselancar.

Pantai Pulau Merah mudah diakses dari pusat kota Banyuwangi. Letaknya sekitar 60 km ke arah selatan kota dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua setengah jam perjalanan.

3. Pantai Bama

Pantai Bama.
Pantai Bama. (yukbanyuwangi.co.id)

Pantai yang terletak di area Taman Nasional Baluran, Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo ini punya daya tarik berupa hamparan pasir putih nan bersih dengan liukan birunya air laut yang begitu memanjakan mata.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...