8 Wisata Alam Batu, dari Air Terjun Sampai Gunung

Wisata alam Batu menawarkan beragam panorama alam yang indah dan memanjakan mata. Destinasi alam tersebut berupa air terjun, hutan, hingga pegunungan yang siap memacu adrenalin wisatawan.
Image title
11 Maret 2022, 14:46
Ilustrasi, wisata alam Batu.
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.
Ilustrasi, wisata alam Batu.

Berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur, wisatawan tidak perlu bingung menentukan destinasi wisata sebab kota ini punya banyak tujuan wisata, mulai dari Jawa Timur Park, Museum Angkut, Batu Night Spectaculer, sampai Predator Fun Park.

Bukan cuma wisata buatannya saja yang berlimpah, kota berjuluk Kota Apel ini juga punya wisata alam yang indah dan memukau.

Sekilas tentang Batu

Kota Batu terbentuk pada 2001 sebagai pecahan dari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kota yang terletak sekitar 800 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini dikaruniai keindahan alam yang memikat.

Potensi panorama alam ini tercermin dari melimpahnya produksi pertanian, buah dan sayuran, serta jajaran pegunungan dan perbukitan. Hal tersebut membuat Kota Batu dijuluki "the real tourism city of Indonesia" oleh Bappenas.

Advertisement

Kota ini memiliki tiga gunung megah yang cukup populer dan telah diakui secara nasional, yaitu Gunung Panderman, Gunung Welirang, dan Gunung Arjuno. Dengan kondisi topografi pegunungan dan perbukitan tersebut menjadikan Kota Batu terkenal sebagai daerah dingin.

Wisata Alam Batu

Kota Batu bukan cuma dikenal lewat wisata buatannya saja, ada banyak tujuan wisata alam Batu yang bisa dikunjungi wisatawan. Wisata alam di Kota Batu menyuguhkan pemandangan asri dan udara sejuk yang cocok untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata alam Batu:

1. Coban Talun

Wisata alam air terjun di Kota Batu menjadi destinasi berlibur yang cukup populer. Kota Batu punya banyak air terjun dengan air yang melimpah, salah satunya Coban Talun.

Di air terjun yang terletak di Dusun Wonorejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini wisatawan bebas bermain air dengan suasana alam asri sambil berswafoto dengan pemandangan yang indah.

Air terjun yang berada di ketinggian 1000-an mdpl dengan tinggi air terjun sekitar 75 meter ini juga menawarkan wisata kebun bunga, Kampung Indian Apache dan penginapan unik bernama Pagupon Camp.

2. Coban Putri

Dengan bermodalkan Rp 5.000-10.000 pengunjung sudah bisa merasakan panorama asri yang berada di Desa Oro-Oro, Kota Batu ini. Selain bermain air, air terjun anyar ini juga menyediakan gardu pandang bagi pengunjung yang hendak menikmati keindahan alam perbukitan dan lembah di Kota Batu.

Coban dengan air terjun kembar ini menawarkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan, seperti flying fox, panjat tebing, dan masih banyak lagi.

3. Coban Rais

Coban Rais menawarkan pemandangan alam menakjubkan lewat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat dan air yang jatuh dari ketinggian 75 meter.

Air terjun yang berlokasi di Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu ini cocok bagi mereka yang gemar trekking. Dari pintu masuk pengunjung mesti berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam untuk tiba di air terjun.

4. Omah Kayu

Omah kayu menjadi destinasi wisata alam Batu yang cocok untuk mereka yang suka menikmati alam dari ketinggian. Berada di tengah hutan pinus, Omah Kayu merupakan penginapan yang dikonsep sebagai tree house dengan teras yang menghadap pemandangan rindang pepohonan dan panorama Kota Batu.

Omah Kayu terletak di Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Destinasi wisata yang satu ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00.

5. Gua Pinus

Wisata alam Batu yang satu ini menawarkan pemandangan berupa pohon pinus yang menjulang dan memberikan sensasi segar nan asri kepada para pengunjung.

Gua yang terletak di Kawasan Pujon, Desa Gunungsari, Bumiaji ini menyediakan banyak spot foto, di antaranya perahu melayang, pos kayu unik, rumah Papua, sangkar lingkaran, gazebo akar, sampai balon udara. Semuanya lengkap untuk memenuhi kebutuhan foto pengunjung.

Buka mulai pukul 07.00 – 17.30 WIB, tiket masuk Gua Pinus terbilang murah, yakni Rp 10.000. Apalagi prasarana yang tersedia juga cukup komplit, mulai dari area parkir sampai kafe yang bisa jadi tempat bersantai untuk mengisi perut sambil menikmati indahnya pohon pinus.

6. Gunung Panderman

Gunung Panderman bisa dijadikan puncak pertama yang ditaklukan bagi Anda para pendaki pemula. Di sini, wisatawan bisa melakukan pendakian ringan ke gunung dengan ketinggian 2.045 mdpl.

Gunung Panderman termasuk bagian Pegunungan Putri Tidur bersama Gunung Kawi dan Gunung Butak. Pendakian ke Gunung Panderman bisa dimulai dari basecamp resminya. Durasi pendakian akan memakan waktu kurang lebih tiga jam dengan tiga pos sebelum tiba di puncaknya, Puncak Basundara.

Puncak Gunung Panderman terbilang luas, cocok untuk berkamping sembari menikmati megahnya pegunungan Arjuna-Welirang tanpa halangan apa pun.

7. Gunung Arjuno-Welirang

Bukan cuma Gunung Panderman, buat Anda yang hobi mendaki, Gunung Arjuno-Welirang cocok untuk menjadi destinasi berlibur. Butuh 4-5 jam pendakian ke tempat kamping di Lembah Lengkean atau 2-3 jam ke puncak Welirang.

Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl dan menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru. Sedangkan puncak Gunung Welirang berada di ketinggian 3.156 mdpl. Kedua gunung ini berada di satu punggungan dan termasuk destinasi pendakian populer di Jawa Timur.

8. Brakseng

Wisata alam yang berlokasi di Desa Sumbar Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini punya latar perkebunan yang hijau hingga pegunungan asri sehingga kerap dijadikan tempat bersantai dan spot berfoto.

Para wisatawan bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait