Pergaulan Bebas: Ciri-ciri, Dampak, dan Cara Menghindarinya

Pergaulan bebas adalah perilaku dan sikap yang tidak sesuai dengan norma. Contoh pergaulan bebas yaitu memakai narkoba, merokok, dan tidak menghargai orang tua. Berikut penjelasannya
Dwi Latifatul Fajri
14 Maret 2022, 17:14
Ilustrasi, pergaulan bebas.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, pergaulan bebas.

Pergaulan bebas berhubungan dengan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok menyimpang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pergaulan bebas adalah jalinan pertemanan dalam kehidupan masyarakat yang sifatnya lepas atau tidak terikat.

Pergaulan bebas dapat mempengaruhi kepribadian seseorang, yang dapat berbentuk pengaruh positif atau negatif. Sebagian besar orang menganggap jika pergaulan bebas mengarah pada hal negatif dalam mode, tren, dan perilaku.

Pengertian Pergaulan Bebas

Mengutip dari buku Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B, pergaulan bebas adalah perilaku individu atau kelompok yang menyimpang.

Sikap menyimpang ini melewati batas dari aturan, kewajiban, tuntutan, syarat, dan perasaan malu. Arti lain pergaulan bebas yaitu perilaku menyimpang yang melanggar norma sosial dan agama.

Advertisement

Di Indonesia, terdapat nilai dan norma berdasarkan budaya, suku, agama, dan jenis kelamin. Normal ini membatasi sikap dan perilaku, seseorang sesuai aturan yang berlaku dalam masyarakat.

Ciri-ciri Pergaulan Bebas

  1. Melakukan seks bebas
  2. Berpakaian tidak pantas yang melanggar norma
  3. Mengalami tekanan emosi dan kesehatan mental
  4. Tidak menghargai orang tua
  5. Membuang waktu dengan hal tidak berguna seperti main games dan begadang
  6. Suka menghamburkan uang demi kesenangan semata
  7. Perilaku merugikan masyarakat sekitar
  8. Suka mengikuti hal-hal berbahaya dan tidak bermanfaat
  9. Mencuri demi mendapatkan uang atau barang yang diinginkan
  10. Perilaku emosional, tidak mau mengalah, dan suka membanggakan diri
  11. Remaja yang merokok dan minum-minuman alkohol
  12. Memakai obat-obatan terlarang seperti narkoba

Dampak Pergaulan Bebas

1. Ketergantungan Obat-Obatan Terlarang

Salah satu ciri pergaulan bebas yaitu konsumsi obat terlarang. Hal ini berdampak pada ketergantungan obat-obat terlarang yang berdampak pada kesehatan.

Ketergantungan ini bisa memicu overdosis yang berakhir kematian. Selain itu obat-obatan terlarang dapat menurunkan penyakit. Contohnya HIV Aids terjadi karena konsumsi narkoba.

2. Hubungan Keluarga Tidak Baik

Salah satu dampak pergaulan bebas karena hubungan keluarga. Seorang anak memilih pergaulan bebas karena kedua orang tuanya sering bertengkar.

Sikap anak pada kedua orang tuanya bisa berubah, seperti mudah emosi dan tidak hormat pada orang tua.

3. Kriminalitas

Dampak dari pergaulan bebas adalah meningkatnya kriminalitas. Perubahan sosial mengakibatkan kesenjangan sosial dalam masyarakat. Kesenjangan sosial ini memicu kriminalitas di usia remaja.

Anak muda ingin mendapatkan uang demi barang-barang yang mereka inginkan. Mereka bisa mencuri uang untuk mengumpulkan uang.

4. Menyebarkan Penyakit

Ciri-ciri pergaulan bebas seperti seks bebas, narkoba, dan merokok berdampak pada kesehatan. Contoh penyakit akibat gaya hidup tidak sehat seperti HIV Aids, epilepsi, dan herpes.

Penyakit berbahaya ini bisa merugikan seseorang. Selain itu, penyakit ini bisa berdampak ke depan pada anak muda.

5. Prestasi Menurun

Pergaulan bebas pada remaja berdampak pada prestasi di sekolah. Contohnya seorang anak memilih menghabiskan waktu membolos sekolah di warnet. Padahal sekolah membantu seorang anak berprestasi dan menjadi lebih baik ke depan.

Pergaulan bebas dapat mengganggu waktu belajar dan prestasi anak akan menurun.

Cara Menghindari Pergaulan Bebas

1. Adanya Aturan Hukum

Aturan hukum dan sanksi  yang ditegakkan secara tegas dapat memberikan efek jera pada pergaulan bebas.

2. Sosialisasi di Sekolah

Cara mengurangi pergaulan bebas adalah memberi sosialisasi di sekolah. Sosialisasi ini membahas dampak dan bahaya dari pergaulan bebas, sehingga remaja mampu melakukan pencegahan.

3. Membaca Buku

Salah satu cara menghindari pergaulan bebas yaitu menambah wawasan. Membaca buku dan belajar bisa menambah wawasan terkait dampak dan kerugian akibat pergaulan bebas.

4. Berpikir Tentang Masa Depan

Salah satu cara mengurangi pergaulan bebas yaitu memikirkan masa depan. Anda bisa menyusun langkah-langkah, belajar, dan giat bekerja. Sibuk melakukan hal positif bisa mengurangi pergaulan bebas.

5. Menjaga Keseimbangan Pola Hidup

Melakukan manajemen waktu, mengisi kegiatan positif, dan belajar membantu mengurangi pergaulan bebas. Selain itu anda perlu memperbaiki cara pandang untuk hidup ke depan ke arah lebih baik.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait