Mengenal Definisi dan Contoh Puisi Pendidikan

Puisi adalah karya sastra yang masih populer hingga sekarang. Saat ini banyak sekali puisi yang setiap bait katanya punya makna mendalam. Misalnya seperti contoh puisi pendidikan berikut ini.
Image title
16 Maret 2022, 13:15
Ilustrasi, peserta lomba Ngidung atau berpuisi menggunakan bahasa Jawa. Puisi pendidikan merupakan salah satu bagian dari puisi yang fokus pada tema pendidikan. Ada beberapa contoh puisi pendidikan yang dapat dijadikan referensi agar bisa merangkai kata n
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi, peserta lomba Ngidung atau berpuisi menggunakan bahasa Jawa. Puisi pendidikan merupakan salah satu bagian dari puisi yang fokus pada tema pendidikan. Ada beberapa contoh puisi pendidikan yang dapat dijadikan referensi agar bisa merangkai kata nan indah dengan bertemakan pendidikan.

Puisi merupakan karya sastra yang memiliki gaya bahasa imajinatif dan masih populer hingga saat ini. Umumnya pengarangnya akan merangkai kata dengan irama yang khas.

Di Indonesia puisi dikenal juga dengan sebutan sajak. Sejak zaman dahulu, puisi termasuk karya sastra yang sarat akan nilai dan makna tentang kehidupan.

Salah satu puisi dengan nilai-nilai sosial ini dapat dilihat pada beberapa contoh puisi pendidikan. Para pengarang puisi jenis ini akan membuat rangkaian kata, dengan tujuan menyampaikan pesan bertemakan pendidikan.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu puisi pendidikan dan contoh puisi pendidikan, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Advertisement

Apa Itu Puisi Pendidikan?

Tujuan dibuatnya sebuah puisi sejatinya akan tergantung pada pokok pikiran dan nilai imajinatif dari pengarangnya. Hal ini pun berlaku pada contoh puisi pendidikan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi adalah ragam sastra yang memiliki keteraturan. Rangkaian katanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Sedangkan jika merujuk dalam buku Sastra Indonesia, pengertian puisi adalah sebuah karangan sastra yang mempunyai gaya bahasa padat serta pemilihan kata yang imajinatif. Rangkaian kata ini harus dipilih secara cermat agar dapat menciptakan irama padu saat dibacakan.

Seperti karya sastra lainnya, puisi mengalami banyak perubahan mengikuti perkembangan zaman. Saat ini terdapat istilah yang disebut puisi baru.

Menurut sejumlah literatur, puisi baru diartikan sebagai puisi yang tidak lagi berpaku pada aturan lama. Artinya, bentuk dan gaya bahasa puisi ini dibuat dengan bebas.

Khusus untuk puisi pendidikan dan contoh puisi pendidikan, karya sastra ini dapat masuk ke dalam kategori puisi baru maupun puisi lama. Ini karena, penulisnya dapat memposisikan dirinya apakah akan membuat puisi dengan aturan zaman lampau atau sebaliknya.

Contoh puisi pendidikan sebenarnya dapat ditemukan dengan mudah di buku-buku kumpulan puisi dan internet. Puisi ini sering digunakan sebagai bahan ajar di bangku sekolah, karena punya nilai-nilai pendidikan serta budi pekerti untuk dipelajari oleh para siswa.

Sementara itu, dilansir dari situs Gramedia.com, di dalam sebuah puisi biasanya terdapat tanggapan serta pendapat penyair mengenai berbagai hal. Gagasan ini kemudian disalurkan dengan beragam pemilihan kata yang indah, sehingga dapat memikat para pembaca. 

Keindahan dan nilai estetika dalam rangkaian kata tersebut akan disesuaikan dengan tema puisi tersebut, misalnya pada beberapa contoh puisi pendidikan. Seperti disebutkan sebelumnya, penulis puisi pendidikan mempunyai kekhasan kata saat membuatnya.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan, jika puisi dan contoh puisi pendidikan adalah jenis puisi yang dibuat untuk menyampaikan gagasan terkait pendidikan. Gaya bahasanya disesuaikan dengan cara pandang imajinatif penulisnya.

Contoh Puisi Pendidikan

Contoh puisi pendidikan dapat dikategorikan sebagai jenis puisi lama dan puisi baru. 

Jika puisi lama mempunyai struktur penulisan, maka puisi baru ini sebaliknya. Dimana penulis dapat menulis puisi yang tidak terikat oleh rima, tidak terikat jumlah larik dalam bait, serta tidak terikat dengan jumlah suku kata dalam larik.

Lebih lanjut berikut beberapa contoh puisi pendidikan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber

Contoh puisi pendidikan moral berjudul "Diponegoro", karya penyair terkenal Chairil Anwar:

Di masa pembangunan ini

tuan hidup kembali

Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti

Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.

Pedang di kanan, keris di kiri

Berselempang semangat yang tak bisa mati.

MAJU

Ini barisan tak bergenderang-berpalu

Kepercayaan tanda menyerbu.

Sekali berarti

Sudah itu mati.

MAJU

Bagimu Negeri

Menyediakan api.

Punah di atas menghamba

Binasa di atas ditindas

Sesungguhnya jalan ajal baru tercapai

Jika hidup harus merasai

Maju

Serbu

Serang

Terjang

Contoh puisi pendidikan dari buku Antologi Puisi: Puisi Pendidikan, yang disusun oleh Rabiah dan kawan-kawan:

Contoh puisi pendidikan 1:

"Tombak Keberhasilanku"

Karya: Amanda Nurdhana D.

Pena menari di atas kertasku

Menuliskan setiap kata yang kau ucapkan

Memberikan secercah cahaya dalam kegelapan

Menuntunku menuju jalan kesuksesan

Walau letih terlihat di wajah mu tak menghapus semangatmu

Kau selalu mendampingiku menuju cita-citaku 

Mengajariku hal-hal baru 

Dengan sabar kau membimbingku 

Walau sikap nakalku terkadang mengganggumu 

Sungguh besar pengabdianmu 

Untuk mencerdaskan generasi mudamu Terima kasih kuucapkan untukmu Guruku........

Kau adalah orang tua keduaku 

Kan ku kenang selalu jasamu 

Sekali lagi kuucapkan terima kasih untukmu 

Semoga selalu bahagia hidupmu 

Kebaikan akan selalu menyertaimu 

Contoh puisi pendidikan 2:

"Jam Kosong Kami Bahagia"

Karya: AR. Izzal Miflihin

Betapa bahagia kami 

Jam kosong tak ada guru terasa lagi Telah menjadi tradisi: lumrahnya kami Merekah senyum bahagia sana-sini 

Dan di sudut kiri Guru mulai menyibukkan diri, melupa kepada kami Ada yang membangkitkan senyum dari tidurnya 

Ada yang membaca buku lalu menertawakannya 

Ada pula yang mencela, pada daftar nama yang tertera 

Begitulah kami 

Pelajar generasi negeri ini 

Yang gembira tiada henti Kala jam kosong tak terganti 

Demikian pembahasan tentang puisi pendidikan dan contoh puisi pendidikan. Puisi-puisi di atas mempunyai makna dan nilai-nilai bertemakan pendidikan yang bisa dipelajari oleh siapa pun.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait