Contoh Teks Biografi Singkat Beserta Strukturnya

Image title
17 Maret 2022, 13:57
Ilustrasi, buku biografi. Ada banyak contoh teks biografi, yang memaparkan perjalanan hidup seorang tokoh
pixabay.com/Regenwolke0
Ilustrasi, buku biografi. Ada banyak contoh teks biografi, yang memaparkan perjalanan hidup seorang tokoh

Dalam dunia literasi, suatu karya kerap dikategorikan sebagai karya fiksi atau non fiksi. Buku fiksi memiliki sifat mungkin terjadi, sedangkan buku non-fiksi bersifat aktualitas atau benar-benar terjadi. Dalam artikel kali ini akan dibahas lebih dalam tentang salah satu jenis karya non-fiksi, yaitu biografi.

Apa itu Teks Biografi?

Teks biografi menuturkan kisah atau cerita perjalanan hidup tokoh. Cerita biografi kerap menceritakan seputar kelebihan, kekurangan dan masalah seputar kehidupan tokoh. Hal tersebut biasanya bertujuan untuk menceritakan kisah hidup seseorang yang bisa menjadi teladan banyak orang.

Advertisement

Biografi biasanya menuturkan sejarah, prestasi hingga karya tokoh tersebut. Tokoh dalam biografi umumnya memiliki keberhasilan dan kisah menarik yang bisa diteladani pembaca. Isi teks ini biasanya memuat latar belakang keluarga tokoh, riwayat pendidikan, prestasi, dan sebagainya.

Teks biografi termasuk cerita ulang yang kategorinya berupa teks narasi. Teks ini bertujuan memberikan gambaran sebuah peristiwa secara nyata untuk pembaca dan pendengar, seolah-olah mereka berada dalam peristiwa tersebut.

Teks Biografi menurut Ahli

Beberapa ahli turut mengemukakan pendapatnya terkait definisi teks biografi, salah satunya Nugraha dan Riyadi. Menurut kedua pakar ini, teks biografi memuat kisah riwayat hidup seseorang, kemudian kisah tersebut dituliskan ke dalam sebuah tullisan.

Sementara itu, menurut Istiqomah (2015), teks biografi adalah riwayat hidup seseorang yang diceritakan lewat tulisan. Penulis teks jenis ini berlaku sebagai orang ketiga. Si penulis memiliki hak cipta atas karya tokoh yang diceritakan dan tokoh yang ditulis berlaku sebagai narasumber.

Struktur Teks Biografi

Ada empat struktur teks biografi yaitu judul, orientasi, peristiwa (masalah), dan reorientasi. Mengutip modul “Bahasa Indonesia”, berikut penjelasan struktur teks biografi: 

  • Judul

Judul berada di awal sebelum paragraf utama. Judul ini berisi nama tokoh berserta jasanya.

  • Orientasi

Bagian pertama berisi informasi tentang latar belakang atau peristiwa yang akan diceritakan. Orientasi merupakan kalimat pembuka untuk membuat pembaca tertarik. Bagian orientasi berhubungan dengan jawaban dari pertanyaan siapa, kapan, di mana, dan mengapa.

  • Peristiwa penting

Peristiwa ini berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi oleh tokoh. Ada juga bagian masalah yang menarik, mengesankan, dan mengharukan dari perjalanan hidup tokoh tersebut.

Peristiwa penting masuk inti dari teks biografi. Terdapat rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, waktunya berurutan. Kisah dimulai dari meliputi kejadian utama yang dialami tokoh. Kemudian berlanjut kisah-kisah yang lain. Disini, penulis bisa memberi komentar terkait peristiwa tersebut.

  • Reorientasi

Berisi kata-kata mutiara atau motivasi dari tokoh yang ditulis. Reorientasi bisa juga berisi kesimpulan dari rangkaian kisah sebelumnya. Bagian kesimpulan ini bisa ada dalam teks biografi atau tidak.

Contoh Teks Biografi

Mengutip Katadata, berikut beberapa contoh teks biografi yang bisa dijadikan referensi:

"Angkie Yudistia, Tunarungu yang Jadi Staf Khusus Jokowi"

Angkie Yudistia menjadi salah satu staf khusus yang diumumkan Presiden Joko Widodo. Ia merupakan satu dari tujuh sosok milenial yang akan mendampingi tugas Presiden hingga lima tahun ke depan.

Angkie lahir di Medan pada 5 Mei 1987, pendengarannya mulai menghilang saat perempuan berhijab itu menginjak usia 10 tahun. Kejadian itu sempat membuatnya kehilangan percaya diri. Namun, dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat, terutama sang ibu, secara perlahan berhasil membangkitkan semangatnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement