Pengertian Teks Biografi dan Contoh Struktur Kalimatnya

Teks biografi menceritakan perjalanan hidup seseorang, bertujuan untuk menjadi teladan bagi pembaca. Struktur teks biografi terdiri dari judul, orientasi, peristiwa penting dan reorientasi.
Dwi Latifatul Fajri
30 November 2021, 23:28
Teks Biografi
pixabay.com/Regenwolke0

Teks biografi adalah teks yang berisi tentang kisah atau cerita perjalanan hidup tokoh. Teks ini bisa menceritakan seputar kelebihan, kekurangan dan masalah dalam kehidupan tokoh. Teks biografi bertujuan untuk menceritakan kisah hidup seseorang yang bisa menjadi teladan orang banyak.

Ada juga istilah autobiografi yang menjelaskan riwayat hidup seseorang. Autobiografi ini ditulis sendiri oleh tokoh. Perbedaan antara biografi dan autobiografi terletak pada tinjauan penulis. Jika riwayat hidup ditulis oleh tokoh sendiri, maka disebut autobiografi. Sedangkan teks biografi, berarti riwayat hidup tokoh ditulis penulis lain.

Teks biografi sering ditemukan dalam sebuah buku. Buku biografi biasanya menceritakan sejarah, prestasi, dan karya tokoh tersebut. Contoh buku biografi yang cukup banyak ditemukan atau dicari seperti biografi Gus Dur, Steve Jobs dan tokoh inspirasi lain.

Tokoh yang ditulis biografinya, umumnya memiliki keberhasilan dan kisah menarik yang bisa diteladani pembaca. Teks biografi juga memuat peristiwa dan identitas seseorang. Isi dalam teks biografi biasanya berisi latar belakang keluarga, riwayat pendidikan, organisasi dan prestasi yang diraih.

Advertisement

Teks biografi memberi kronologi, di mana ceritanya mengikuti urutan waktu. Teks biografi juga meliputi latar tempat, waktu, alur dan penokohan. Ada tiga jenis teks yaitu cerita ulang personal, cerita ulang fakta, dan cerita ulang imajinasi. Teks biografi termasuk cerita ulang yang kategorinya berupa teks narasi. Teks ini bertujuan memberikan gambaran sebuah peristiwa secara nyata untuk pembaca dan pendengar, seolah-olah mereka berada dalam peristiwa tersebut.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Mengutip buku Cara Menguasai Soal Bahasa Indonesia karya Tomi Rianto, berikut ciri-ciri teks biografi:

  1. Informasi berdasarkan fakta tokoh yang diceritakan
  2. Ada fakta kisah perjalanan kesuksesan tokoh yang bisa menjadi teladan
  3. Struktur kalimat jelas
  4. Riwayat tokoh ditulis orang lain

Jenis Teks Biografi

Jenis teks biografi dibedakan berdasarkan izin penulis, isi, penerbit dan masalah yang dibahas. Berikut penjelasannya:

  • Berdasarkan Izin penulis

  1. Authorized biography

    Penulis mendapatkan izin untuk menulis kisah hidup dari tokoh.
  2. Unauthorized biography

    Penulis membuat kisah hidup seorang tokoh, tanpa izin terlebih dahulu. Penyebabnya, karena tokoh tersebut sudah wafat.
  • Berdasarkan Isi

  1. Biografi Perjalanan Hidup

    Teks ini menjelaskan tentang jalan hidup seorang tokoh yang diambil bagian berkesan dan menarik.
  2. Biografi Perjalanan Karir

    Teks biografi ini, menjelaskan tentang tahapan awal sampai kesuksesan seorang tokoh dalam perjalanan karir.
  • Berdasarkan Masalah yang dibahas

  1. Biografi Politik

    Penulisan cerita seorang tokoh, dilihat dari sudut pandang politik. Penulis membutuhkan data, informasi, dan riset terlebih dahulu. Biasanya biografi politik tidak lepas dari kepentingan penulis atau tokoh.
  2. Biografi Jurnalistik

    Penulis mendapatkan hasil wawancara dari tokoh dan rujukan lain untuk bahan pendukung cerita.
  3. Biografi Intelektual

    Teks biografi ini hampir sama dengan biografi politik. Perbedaannya, teks biografi intelektual memakai bahasa ilmiah untuk tulisan.
  • Berdasarkan Penerbit

Ada dua jenis buku teks biografi yang diterbitkan sendiri oleh penulis dan buku subsidi. Buku terbitan sendiri biaya produksi buku ditanggung oleh penulis atau tokoh. Tujuan buku cetak sendiri untuk dijual di pasaran dan mendapat perhatian. Sementara buku biografi subsidi, biaya produksi ditanggung sponsor.

Struktur Teks Biografi

Ada tiga struktur teks biografi yaitu judul, orientasi, peristiwa (masalah), dan reorientasi. Mengutip dari modul Bahasa Indonesia, berikut penjelasan struktur kalimat: 

  • Judul

    Judul berada di awal sebelum paragraf utama. Judul ini berisi nama tokoh berserta jasanya
  • Orientasi

    Bagian pertama berisi informasi tentang latar belakang atau peristiwa yang akan diceritakan. Orientasi merupakan kalimat pembuka untuk membuat pembaca tertarik. Bagian orientasi berhubungan dengan jawaban dari pertanyaan siapa, kapan, di mana, dan mengapa.
  • Peristiwa penting

    Peristiwa ini berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi oleh tokoh. Ada juga bagian masalah yang menarik, mengesankan, dan mengharukan dari perjalanan hidup tokoh tersebut.

Peristiwa penting masuk inti dari teks biografi. Terdapat rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, waktunya berurutan. Kisah dimulai dari meliputi kejadian utama yang dialami tokoh. Kemudian berlanjut kisah-kisah yang lain. Disini, penulis bisa memberi komentar terkait peristiwa tersebut.

  • Reorientasi

Berisi kata-kata mutiara atau motivasi dari tokoh yang ditulis. Reorientasi bisa juga berisi kesimpulan dari rangkaian kisah sebelumnya. Bagian kesimpulan ini bisa ada dalam teks biografi atau tidak.

Tujuan Teks Biografi

  1. Menjelaskan pemikiran suatu tokoh ternama dan berprestasi
  2. Mengetahui kelebihan tokoh yang bisa dijadikan teladan
  3. Menjadi refleksi dan renungan untuk pembaca
  4. Pembaca bisa memahami hikmah di balik kisah biografi yang menyentuh

Contoh Teks Biografi dan Struktur Kalimat

  • Orientasi

B.J. Habibie adalah salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau adalah Presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936.

Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

  • Peristiwa Penting atau Masalah

Habibie menjadi yatim sejak bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung. Setelah ayahnya meninggal, Ibunya menjual rumah dan kendaraannya kemudian pindah ke Bandung bersama anak-anaknya. Ibunya membanting tulang membiayai kehidupan anak anaknya.

Di Indonesia, Habibie menjadi Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT selama 20 tahun, ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), memimpin perusahaan BUMN strategis, dipilih menjadi Wakil Presiden RI dan menjadi Presiden RI ke 3 setelah Soeharto mundur pada tahun 1998.

Pada masa jabatan Habibie, terjadi referendum di Timor Timur, sampai akhirnya Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia. Dalam masa jabatannya yang singkat, B.J.

Habibie telah meletakkan dasar bagi kehidupan demokrasi dan persatuan wilayah di Indonesia dengan disahkannya undang-undang tentang otonomi daerah dan undang-undang tentang partai politik, UU tentang Pemilu dan UU tentang susunan kedudukan DPR/MPR.

  • Reorientasi

Turun dari jabatan sebagai Presiden, Habibie kembali ke Jerman bersama keluarga. Pada tahun 2010, Ainun meninggal dunia karena kanker. Sebagai terapi atas kehilangan orang yang dicintai, Habibie membuat tulisan tentang kisah kasih dengan Ainun, yang kemudian dibukukan dengan judul “Ainun dan Habibie”. Buku ini telah difilmkan dengan judul yang sama.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait