Cara Daftar dan Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 24

Prakerja gelombang 24 resmi dibuka. Peserta melakukan pendaftaran melalui website prakerja.go.id. Berikut syarat daftar dan tips lolos kartu prakerja.
Dwi Latifatul Fajri
18 Maret 2022, 11:57
Ilustrasi, halaman utama website Kartu Prakerja. Program Kartu Prakerja gelombang 24 telah dibuka.
prakerja.go.id
Ilustrasi, halaman utama website Kartu Prakerja. Program Kartu Prakerja gelombang 24 telah dibuka.

Prakerja gelombang 24 diumumkan sudah dibuka melalui akun Instagram @prakerja.go.id. Gelombang ke 24 ini merupakan lanjutan dari program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Program ini memberikan bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Pendaftar yang sudah melakukan registrasi, tinggal klik "Gabung Gelombang" yang berada di dashboard prakerja. Setelah itu muncul pemberitahuan untuk menunggu pengumuman lolos pra kerja.

Bagi peserta yang lolos kartu prakerja, nantinya mendapatkan saldo untuk mengikuti kursus. Pembayaran mengikuti kursus dilakukan secara online.

Advertisement

Setelah menyelesaikan kursus dan sertifikat, nantinya peserta mendapatkan insentif pembayaran. Besaran insentif adalah Rp 600.000,00 selama empat bulan. Peserta juga mendapatkan insentif Rp 50.000 untuk satu survei.

Syarat Daftar Prakerja

  • Usia pendaftar minimal 18 tahun ke atas
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal
  • Pendaftar tidak menerima bantuan sosial lain selama pandemi Covid-19
  • Pendaftaran kartu pra kerja maksimal 2 nomor induk kependudukan (NIK) dalam satu kartu keluarga (KK) yang menerima kartu pra kerja
  • Pendaftar sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja yang dirumahkan dan pekerja yang tidak menerima upah, termasuk pelaku usaha kecil dan mikro
  • Pendaftar bukan dari pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa, perangkat desa, dan anggota BUMN atau BUMD

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24

1. Melakukan Pendaftaran

Buka browser ponsel lalu ketik website prakerja.go.id. Setelah itu peserta melakukan pendaratan menggunakan e-mail aktif dan membuat kata sandi (password).

Jangan lupa klik centang biru di bagian bawah kolom untuk melakukan pendaftaran. Jumlah kata sandi berisi 6 karakter.

2. Verifikasi KTP dan KK

Setelah berhasil verifikasi pendaftaran, peserta kemudian masuk (login) di website prakerja. Kemudian peserta mengisi data diri seperti NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Setelah mengisi semua pendaftaran kemudian klik 'Lanjut'

3. Isi Data Diri

Kemudian peserta mengisi data diri lengkap seperti nama lengkap, nama ibu kandung, pendidikan, pekerjaan, dan topik pelatihan. Setelah itu isi alamat sesuai KTP. Pilih centang untuk melanjutkan ke website selanjutnya.

Isi data diri termasuk hal penting untuk ke tahap selanjutnya. Jika nama lengkap dan nama ibu kandung tidak sesuai, peserta bisa melakukan perubahan.

Melalui website prakerja.go.id, peserta bisa menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, dan email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id.

4. Foto KTP

Setelah menulis data diri, unggah foto KTP supaya proses verifikasi berjalan lancar. Usahakan foto KTP terlihat sesuai panduan pada website pra kerja.

Pendaftar bisa melakukan rotasi dan ukuran supaya pas. Kemudian klik selanjutnya untuk mengirim foto E-KTP. Akan ada pemberitahuan verifikasi foto KTP sukses.

5. Swafoto

Langkah selanjutnya adalah swafoto (selfie) melalui kamera ponsel. Pastikan swafoto terlihat setengah badan dan kepala. Anda tidak perlu swafoto menggunakan E-KTP, cukup klik gunakan foto untuk melanjutkan ke tahap terakhir.

6. Masukkan Nomor Ponsel

Langkah terakhir adalah memasukkan nomor ponsel aktif. Pastikan nomor ponsel yang digunakan terdaftar dalam nomor rekening atau e-wallet yang digunakan.

Langkah selanjutnya adalah menuliskan kembali 6 digit OTP yang dikirimkan melalui SMS. Kemudian kirim OTP untuk mengikuti pertanyaan tambahan.

Cara Lolos Prakerja Online

Ada tips lolos kartu pra kerja yang bisa dilakukan oleh peserta. Setiap gelombang memiliki persaingan cukup ketat. Banyak peserta yang harus menunggu untuk lolos ke gelombang berikutnya.

Mengutip dari glints.com, berikut tips lolos kartu prakerja:

1. Membaca Persyaratan

Hal mendasar yang harus dilakukan peserta supaya lolos kartu pra kerja adalah membaca persyaratan. Pastikan anda membaca persyaratan pendaftaran penerima prakerja.

2. Pembaruan Pekerjaan

Salah satu syarat untuk melakukan pendaftaran yaitu pembaruan pekerjaan. Anda bisa memperhatikan status pekerjaan di KTP. Jika masih terdaftar sebagai pelajar atau mahasiswa, anda bisa memperbarui status pekerjaan di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

3. Data Diri harus Benar

Langkah selanjutnya yaitu menyesuaikan data diri sesuai dengan KTP dan KK. Pastikan email dan nomor ponsel masih aktif. Data diri yang sesuai akan memudahkan untuk proses pembayaran insentif pra kerja.

4. Mengerjakan Tes

Mengerjakan tes seleksi kemampuan dasar akan mempengaruhi kelolosan dalam program Kartu Prakerja. Peserta mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar selama 25 menit.

Sebelum mengerjakan soal siapkan terlebih dahulu kerta, pensil, atau pulpen untuk menyelesaikan tes. Pastikan anda memiliki ruangan yang nyaman dan sepi untuk mengerjakan soal.

Peserta lolos gelombang 24 pra kerja mendapatkan pemberitahuan melalui email dan SMS. Anda bisa membuka dashboard pra kerja untuk pemberitahuan saldo.

Peserta yang lolos menerima saldo pelatihan sebesar 1 juta untuk periode tertentu. Langkah selanjutnya yaitu sambungkan akun pada rekening atau e-wallet untuk pendaftaran insentif.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait