Faktor Penyebab dan Upaya Mengatasi Ketimpangan Sosial

Salah satu faktor penyebab ketimpangan sosial karena ekonomi. Ketimpangan sosial dipengaruhi oleh aspek sosial, ekonomi, dan budaya. Berikut contoh dan upaya mengatasi ketimpangan sosial.
Dwi Latifatul Fajri
18 Maret 2022, 17:35
Ilustrasi, contoh ketimpangan sosial di masyarakat.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, contoh ketimpangan sosial di masyarakat.

Ketimpangan sosial terjadi karena ketidakseimbangan dan perbedaan dalam lingkungan masyarakat. Contoh ketimpangan sosial yaitu perbedaan antara si kaya dan si miskin.

Ketidakseimbangan ekonomi membuat perbedaan penghasilan, sehingga ada pembagian kelas atas, menengah, dan bawah. Perbedaan kelas berdampak pada akses pembangunan dan fasilitas.

Pengertian Ketimpangan Sosial

Mengutip dari Modul Sosiologi Kelas XII diterbitkan oleh Kemdikbud, ketimpangan sosial adalah ketidakadilan dalam status dan kedudukan sosial oleh masyarakat.

Ketimpangan sosial terjadi karena aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Perbedaaan kelas ini menyebabkan perbedaan akses untuk memanfaatkan sumber daya.

Advertisement

Selain itu kebutuhan primer dan sekunder bisa berbeda. Contoh kebutuhan primer yaitu sandang, pangan, dan papan. Sementara kebutuhan sekunder adalah sarana, fasilitas, dan sumber daya.

Andrinof A. Chaniago menjelaskan ketimpangan sosial. Menurutnya ketimpangan sosial terjadi karena hanya berfokus pada aspek sosial dan ekonomi saja. Kedua aspek ini lalu menimbulkan permasalahan sosial.

Faktor Penyebab Ketimpangan Sosial

1. Faktor Internal

Faktor penyebab dari dalam diri sendiri menyebabkan ketimpangan sosial. Faktor internal berasal dari rendahnya kualitas diri seseorang. Contohnya kemiskinan yang mengekang masyarakat kelas bawah. Faktor internal menyebabkan individu kesulitan untuk mengubah diri karena pemikiran dan upaya. 

2. Faktor Eksternal

Faktor penyebab dari luar ini karena aturan atau hukum yang berlaku. Aturan ini berasal dari lingkungan, daerah, atau negara.

Faktor eksternal menyebabkan masyarakat kesulitan untuk mengembangkan diri. Dampaknya terjadi ketimpangan sosial seperti kemiskinan.

Faktor Lain Pemicu Ketimpangan Sosial

1. Kondisi Demografis

Demografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah kependudukan dan faktor yang mempengaruhi. Kondisi demografi ini menyebabkan perbedaan masyarakat satu dengan daerah lain.

Contohnya jumlah penduduk dan persebaran penduduk di suatu daerah.

2. Kondisi Pendidikan

Pendidikan menjadi faktor penyebab ketimpangan sosial. Semakin tinggi dan merata pendidikan di suatu daerah, maka semakin banyak sumber daya manusia yang memadai.

Contoh faktor pendidikan yaitu anak-anak yang sekolah di daerah terpencil, mendapatkan fasilitas pendidikan kurang. Sedangkan anak yang sekolah di kota mendapatkan fasilitas yang mencukupi.

3. Kondisi Ekonomi

Penyebab utama ketimpangan sosial karena ekonomi. Contohnya suatu daerah memiliki pendapatan dan pembangunan ekonomi yang berbeda.

Perbedaan ini sumber daya dan faktor produksi antar wilayah berbeda. Contoh ketimpangan sosial ekonomi yaitu barang produksi suatu daerah menghasilkan lebih banyak, dibanding daerah yang kekurangan sumber daya.

4. Kemiskinan

Setelah ekonomi faktor penyebab ketimpangan sosial karena kemiskinan. Kemiskinan stuktural dari faktor eksternal, menyebabkan masyarakat di suatu wilayah mengalami kemiskinan.

5. Kesehatan

Ketimpangan sosial terjadi karena kurangnya fasilitas kesehatan. Contohnya beberapa daerah yang belum mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai.

Padahal puskesmas dan rumah sakit mampu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

6. Letak Geografi

Suatu negara memiliki geografi yang berbeda, contohnya saja Indonesia negara kepulauan. Pulau-pulau kecil belum dikelola dengan baik sehingga terjadi ketimpangan.

7. Kurangnya Lapangan Kerja

Ketimpangan sosial terjadi ketika suatu negara memiliki jumlah pengangguran lebih banyak. Penyebabnya karena kurangnya lapangan kerja, sehingga pencari kerja harus bersaing.

Dampak kurangnya lapangan kerja menyebabkan pengangguran bertambah, diskriminasi, hingga kriminalitas.

Upaya Mengatasi Ketimpangan Sosial

  • Memperbaiki dan pemerataan kualitas pendidikan di daerah terpencil
  • Meningkatkan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, dan menambah jumlah tenaga medis.
  • Memberi pemberdayaan atau penyuluhan kesehatan pada masyarakat
  • Masyarakat diberi fasilitas kursus dan pelatihan untuk mendapatkan pekerjaan
  • Pemerintah dan perusahaan memberikan lapangan kerja yang menyerap banyak tenaga
  • Suatu negara meningkatkan sistem hukum dan keadilan untuk mengurangi korupsi
  • Pemindahan penduduk (Transmigrasi) dari daerah padat penduduk ke daerah yang jarang penduduk

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait