4 Jenis Makanan Khas Kalimantan Lengkap dengan Resepnya

Image title
21 Maret 2022, 14:39
Ilustrasi, Choi pan, makanan khas Kalimantan.
resep-uenak.web.app
Ilustrasi, Choi pan, makanan khas Kalimantan.

Kalimantan menjadi salah satu pulau tujuan wisata sebagian pelancong. Ada banyak pilihan destinasi alam yang bisa dikunjungi, mulai dari dari Pulau Derawan, Danau Sentarum, Bukit Kelam, Bukit Rimpi, sampai Sungai Mahakam. Selain wisata alam, lidah wisatawan juga bakal dimanjakan dengan ragam makanan khas Kalimantan yang lezat.

Sekilas tentang Kalimantan

Kalimantan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Kalamanthana. Kala berarti 'musim' dan Manthana berarti ‘membakar’. Dari kata tersebut, maka Kalamanthana berarti pulau yang udaranya sangat panas atau membakar.

mengutip bappeda.kaltimprov.go.id, Kalimantan merupakan pulau terluas ketiga di dunia dengan luas 743.330 km2 dengan pembagian Pulau Kalimantan menjadi wilayah Indonesia 73%, Malaysia 26%, dan Brunei 1%. Dalam arti luas, Kalimantan meliputi seluruh pulau yang dikenal dengan Borneo. Adapun batas-batas wilayah Kalimantan adalah sebagai berikut:

  • Utara: berbatasan dengan Malaysia.
  • Barat: berbatasan dengan Selat Karimata.
  • Timur: berbatasan dengan Selat Makassar dan Laut Sulawesi.
  • Selatan: berbatasan dengan Laut Jawa.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tanggal 29 Desember 2017, luas pulau Kalimantan yang termasuk dalam wilayah Indonesia mencapai 544.150,07 km2 atau sekitar 28,39% dari total luas wilayah Indonesia.

Secara administratif, Kalimantan terbagai menjadi lima provinsi yaitu Kalimantan Utara dengan ibu kota Tanjung Selor, Kalimantan Timur dengan ibu kota Samarinda, Kalimantan Selatan dengan ibu kota Banjarmasin, Kalimantan Tengah dengan ibu kota Palangkaraya, dan Kalimantan Barat dengan ibu kota Pontianak.

Makanan Khas Kalimantan

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut makanan khas Kalimantan:

1. Chai Kue

Chai kue atau choi pan, dilihat dari namanya, makanan khas yang satu ini memang tidak lepas dari pengaruh budaya Tiongkok. Rasa gurih yang dilengkapi dengan isian lobak dan ebi ini memiliki cita rasa yang unik. Chai kue juga bisa dimakan bersama sambal pedas asam yang siap menggoyang lidah.

Makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat, ini dibuat dari bahan-bahan sederhana, yaitu 200 ml air, 100 gram (g) tepung beras, 25 g tepung tapioka, 2 sdm minyak goreng, 1/4 sdt garam, bengkuang, talas, kucai dan udang secukupnya.

Sediakan juga bumbu halus yang terbuat dari 1 sdm ebi goreng, 3 siung bawang putih, 1/2 sdt lada, 1/2 sdt garam. Ada juga bahan berupa minyak bawang, yaitu 10 siung bawang putih, 100 ml minyak goreng dan 1/2 sdt garam.

Untuk membuat choi pan, pertama-tama cincang udang, potong-potong kucai dan talas. Serut tipis bengkuang. Sisihkan.

Tumis bumbu halus sampai matang. Kemudian, masukan udang, kucai dan bengkuang. Tumis hingga matang bersama bumbu. Untuk kulitnya, campurkan tepung beras, tapioka, air, garam dan minyak goreng. Aduk sampai rata.

Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga menggumpal setengah matang. Jika sudah, angkat. Tunggu sampai hangat, lalu uleni sampai kalis.

Ambil sejumput, gilas tipiskan dan cetak bulat. Isi secukupnya dengan isian. Tutup kulit dan rekatkan dengan air. Lumuri dengan tepung setelahnya agar tidak lengket di tangan.

Panaskan kukusan. Kukus choi pan sampai matang atau sekitar 15 menit. Sembari menunggu kukusan, siapkan minyak goreng, cincang kasar bawang putih, dan goreng dengan minyak yang sudah panas.

Kecilkan api, aduk terus bawang hingga mulai kecokelatan. Matikan api, campurkan dengan garam, aduk rata. Jangan sampai bawang gosong karena akan pahit. Setelah choi pan matang, angkat dan sajikan dengan minyak bawang.

2. Ayam Cincane

Samarainda, Kalimantan Timur, dikenal dengan sajian daging ayamnya yang khas. Salah satu yang cukup populer adalah ayam cincane. Makanan khas Kalimantan ini dibuat dengan cara dibumbui dan dibakar.

sekilas, tidak jauh berbeda dengan olahan daging ayam lainnya. Namun, ada ciri khas ayam cincane yang terletak pada penggunaan bumbu merah, rasa lengkuas, jahe, dan kemirinya yang akan langsung terasa di lidah.

Meneruskan resep dari buku "Menu Lengkap Cita Rasa: Dapur Borneo (2013)", untuk membuat ayam cincane diperlukan bahan-bahan seperti berikut: 1 ekor ayam kampung (potong 4 bagian), 2 lembar daun salam, 3 batang serai (ambil bagian putihnya, memarkan), 3 cm jahe (memarkan), 3 cm lengkuas (memarkan) 2 sdm gula merah (iris tipis), 1 sdt garam, 500 ml santan, 3 sdm minyak (untuk menumis).

Untuk bumbu halusnya, siapkan 8 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 12 buah cabai merah, 1 sdt terasi, dan 1 sdt garam.

Cara membuatnya, pertama-tama tumis bumbu halus sampai berbau harum, tambahkan daun salam dan serai. Masak hingga matang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...