6 Makanan Khas Singapura yang Lezat dan Nikmat

Image title
22 Maret 2022, 18:32
Ilustrasi, Laksa. Makanan khas Singapura tergolong unik karena mendapat pengaruh dari budaya Melayu dan Tiongkok.
Unsplash
Ilustrasi, Laksa. Makanan khas Singapura tergolong unik karena mendapat pengaruh dari budaya Melayu dan Tiongkok.

Singapura adalah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Memiliki luas sekitar 728,6 km², Singapura berbatasan langsung dengan Indonesia di selatan dan Malaysia di utara.

Meski termasuk negara kecil, Singapura saat ini menyandang sebagai negara termaju dan paling makmur di Asia Tenggara. 

Advertisement

Mengutip databooks, berdasarkan laporan World Prosperity Index atau Indeks Kemakmuran Dunia pada akhir 2021 yang dirilis Legatum Institute, Singapura menjadi negara paling makmur di Asia Tenggara, dengan skor rata-rata 79,05.

Sebagai catatan, indeks tersebut dihitung berdasarkan 12 elemen kemakmuran yang dikelompokkan menjadi tiga variabel utama, yaitu masyarakat inklusif, ekonomi terbuka, dan masyarakat berdaya.

Selain menjadi negara maju di Asia Tenggara, Singapura juga dikenal memiliki sejumlah destinasi wisata yang selalu menarik perhatian para pelancong dari berbagai negara di dunia. 

Wisatawan yang datang dan berlibur ke negara ini, sering kali ikut mencicipi deretan makanan khas Singapura.

Pengaruh budaya Melayu dan Tiongkok cukup terasa dalam makanan khas Singapura. Ini memang wajar, mengingat penduduk di negara tersebut kebanyakan berasal dari dua suku bangsa itu.

Penasaran dengan makanan khas Singapura? Berikut pembahasan lengkapnya.

Makanan Khas Singapura yang Wajib Diketahui

Singapura merupakan salah satu negara yang punya daya tarik dan keunikannya tersendiri. Negara ini mempunyai ikon berupa seekor singa dengan ekor ikan. Namanya yaitu The Merlion.

Menurut Visitsingapore.com, Merlion sebagian terinspirasi oleh nama kota Sansekerta, Singapura, yang berarti 'Kota Singa'. Nama Sansekerta ini diperkirakan diberikan oleh seorang pangeran Sumatera.

Tidak hanya ikon Merlion saja, makanan khas Singapura juga menjadi daya tarik untuk memikat wisatawan. Perpaduan budaya di Singapura, menjadikannya tempat kuliner yang menarik dan penuh cita rasa.

Dari hidangan Malaysia klasik dan Indonesia, hingga kari India serta kuliner Cina dapat ditemukan di pasar jalanan Singapura yang menarik untuk dijelajahi.

Dilansir dari Tasteatlas.com, Hotels.com, dan sumber lainnya, Berikut ini daftar makanan khas Singapura yang wajib diketahui:

1. Kari Kepala Ikan

Masakan dengan unsur kari di dalamnya memang menjadi hidangan yang sangat nikmat untuk disantap. Hal ini pun berlaku pada kari kepala ikan yang menjadi salah satu makanan khas Singapura.

Kari kepala ikan diyakini ditemukan sekitar tahun 1970. Makanan tersebut dibuat sebagai cara untuk mengurangi limbah kepala ikan yang tidak diinginkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement