10 Makanan Khas Tulungagung dengan Cita Rasa Unik

Makanan khas Tulungagung cukup beragam, mulai dari jajanan pasar sampai kuliner tradisional Jawa dengan cita rasa uniknya. Berikut ini ada rekomendasi kuliner Tulungagung yang wajib dicoba.
Image title
22 Maret 2022, 18:40
Ilustrasi, cenil merupakan salah satu makanan khas Tulungagung yang mudah ditemui.
ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id
Ilustrasi, cenil merupakan salah satu makanan khas Tulungagung yang mudah ditemui.

Wisata kuliner di Provinsi Jawa Timur memang tidak ada habisnya. Setiap kota dan kabupaten di kawasan ini mempunyai makanan khasnya tersendiri, terutama di Kabupaten Tulungagung.

Makanan khas Tulungagung cukup beragam, mulai dari jajanan pasar sampai olahan kuliner tradisional Jawa yang bisa menggugah selera. Wisatawan dapat mencicipi aneka makanan ini saat berkunjung ke Tulungagung.

Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu daerah yang punya potensi di bidang pariwisata. Mengutip dari situs Tulungagung.go.id, kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini, mempunyai beberapa objek wisata unggulan seperti Pantai Sine, Pantai Popoh, Candi Dadi, dan sebagainya. 

Objek-objek wisata tersebut dapat menjadi pilihan alternatif, saat para pelancong mampir untuk berlibur sembari menikmati makanan khas Tulungagung.

Mengutip dari buku Tulungagung dalam Rasa serta sumber lainnya, berikut daftar makanan khas Tulungagung yang wajib dicicipi. 

Rekomendasi Makanan Khas Tulungagung

1. Kerupuk Kulit Rambak

Kerupuk kulit memang identik sebagai salah satu oleh-oleh, yang bisa ditemukan cukup mudah di Kabupaten Tulungagung. Wisatawan bisa membeli makanan khas Tulungagung ini di sejumlah kios yang menjual olahan ini di pinggir jalan.

Rambak adalah makanan khas Tulungagung yang dibuat dengan bahan dasar kulit sapi dan kerbau. Sesuai namanya, kerupuk kulit ini mempunyai tekstur renyah dan sangat cocok untuk disantap dengan hidangan berkuah.

Di Tulungagung terdapat dua jenis rambak. Pertama adalah rambak dari kulit sapi dengan warna yang cerah. Sedangkan yang kedua, merupakan rambak dari kulit kerbau.

Makanan khas Tulungagung ini menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner yang wajib untuk dicicipi.

2. Kerupuk Gadung

Masih dari kuliner kerupuk, makanan khas Tulungagung yang wajib dicicipi selanjutnya adalah gadung.

Kerupuk gadung merupakan kerupuk yang diolah dari bahan dasar gadung. Salah satu jenis umbi-umbian yang sangat mudah ditemukan di Pulau Jawa.

Makanan khas Tulungagung ini dapat ditemukan di Kecamatan Kalidawir. Keunikan dari kerupuk gadung terletak pada proses pembuatannya. Dimana untuk mengolahnya, kerupuk gadung harus melalui fase pemeraman menggunakan abu untuk menghilangkan getahnya.

3. Nasi Lodho

Kuliner Tulungagung yang wajib dicoba adalah Nasi Lodho. Secara tampilan nasi ini mirip dengan kari ayam. Bedanya terletak pada proses pembuatan makanan khas Tulungagung tersebut.

Untuk membuatnya, ayam terlebih dahulu akan dipanggang sebelum diproses lebih lanjut. Kemudian dimasak dengan bahan lainnya. Proses pemanggangan inilah yang menjadi kunci utama kelezatan nasi lodho.

Selain itu, keunggulan dari nasi lodho sebagai makanan khas Tulungagung yaitu pada kuahnya. Kuah nasi lodho memiliki cita rasa pedas dan dibedakan menjadi kuah kental serta kuah encer.

4. Punten Pecel

Nama dari makanan khas Tulungagung yang satu ini memang terdengar unik. Selain unik, punten pecel mempunyai rasa yang nikmat.

Punten Pecel merupakan kuliner yang terbuat dari beras yang ditanak bersama dengan santan. Ini akan menciptakan rasa gurih pada makanan tersebut. 

Punten pecel memiliki tekstur kenyal dan biasa disajikan bersama sambel pecel, lengkap dengan sayuran rebus.

5. Jenang Grendol

Jenang grendol memiliki cita rasa manis dan gurih. Makanan khas Tulungagung ini sangat cocok disantap ketika waktu santai.

Makanan ini terbuat dari tepung kanji dan gula merah. Prosesnya yaitu dengan cara direbus sampai menciptakan jel lengket berwarna merah.

Biasanya jenang grendol disajikan dengan bubur ketan hitam. Selain itu, ada juga yang menambahkan umbi-umbian di dalam makanan tersebut.

6. Gembrot

Gembrot adalah makanan khas Tulungagung yang unik. Terbuat dari dedaunan hijau seperti semangi, jantung pisang, sambiloto, dan sebagainya, yang dicampur parutan kelapa muda serta bumbu.

Makanan ini dibungkus daun pisang lalu dikukus. Beberapa penjual kerap menambahkan ikan, teri, tempe, dan lainnya.

7. Cimplung

Cimplung terbuat dari singkong atau ketela yang sudah dikupas dan dicuci bersih, lalu dimasukan ke dalam sebuah wajan besar bekas gula Jawa. Makanan khas Tulungagung ini punya cita rasa manis legit.

8. Sredek

Sredek adalah olahan dari gethuk singkong yang digoreng. Umumnya makanan ini disantap dengan tempe serta cabai sebagai lalapan.

Makanan khas Tulungagung ini dapat ditemukan di wilayah Tulungagung bagian selatan.

9. Kopi Cethe

Meski namanya membawa unsur kopi, namun cara menikmati kopi cethe sangatlah unik. Berbeda dengan kopi pada umumnya, cethe adalah ampas kopi yang dioleskan pada rokok. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan aroma khas dari ampas kopi tersebut.

10. Jajanan Tempo Dulu

Jajanan pasar tempo dulu seperti cenil, lopis, kicak, dan lainnya bisa ditemukan di beberapa pasar yang ada di Tulungagung. Misalnya Pasar Senggol di Desa Bangoan, Kecamatan Kedungwaru.

Di Pasar Senggol, pengunjung bisa menemukan jajanan tempo dulu yang bisa dibeli dengan harga relatif murah.

Demikian rekomendasi makanan khas Tulungagung yang wajib dicoba. Sebagai daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur, serta letaknya tak jauh dari Surabaya, Kabupaten Tulungagung mempunyai potensi pariwisata yang sangat besar, termasuk kulinernya.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait