Ragam Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Melalui Marketplace

Siti Nur Aeni
23 Maret 2022, 15:12
Ilustrasi, marketplace populer di Indonesia, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.
Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia
Ilustrasi, marketplace populer di Indonesia, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.

Perkembangan teknologi memberikan banyak dampak bagi kehidupan manusia. Salah satunya pada kebiasaan belanja masyarakat. Dahulu ketika hendak berbelanja, kita harus pergi ke pasar atau toko terdekat. Namun, saat ini banyak marketplace yang membuat kita bisa belanja dari rumah.

Trobosan belanja secara daring atau online melalui berbagai platform sangat mempemudah kita dalam transaksi jual beli. Adanya marketplace membuat kita tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga dan waktu untuk berbelanja. Hanya bermodal gadget, kita sudah dapat membeli barang yang diinginkan. Nantinya barang yang sudah dibeli bisa langsung diantarkan ke rumah. Jadi, sangat efektif dan efisien.

Platform belanja online tersebut dikenal dengan sebutan marketplace. Menurut penjelasan di Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika 6(2), marketplace adalah model bisnis baru yang berkembang seiring pesatnya perkembangan infrastruktur teknologi informasi.

Marketplace dibuat untuk mengurangi proses bisnis yang kompleks sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas. Indikator efektifitas marketplace bisa dilihat dari kemampuan platform tersebut dalam memberikan fasilitas transaksi, mempertemukan penjual dan pembeli, serta menyediakan infrastruktur.

Sementara itu, indikator efisiensi platform jual beli online dilihat dari ringkasnya waktu dan biaya yang diberikan platform tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Melalui Marketplace

Kehadiran platform jual beli ternyata memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri. Menurut penjelasan di buku “Marketplace Pedia”, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan berjualan di marketplace.

Kelebihan Berjualan di Marketplace

1. Bisa Berjualan dengan Modal Minimalis

Kehadiran marketplace membuat siapa saja bisa berjualan walaupun modalnya sedikit. Mulai dari mendaftar hingga berjualan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Fitur-fitur yang ada dalam platform tersebut juga bisa diakses secara gratis.

Modal yang diperlukan hanya untuk menyediakan produk yang dijual saja. Sehingga modal yang diperlukan tidak banyak.

2. Mudah Digunakan

Ketika berjualan di marketplace, Anda hanya mendaftar atau membuat akun, unggah foto produk, dan melengkapi keterangan yang diperlukan. Secara umum, langkah-langkahnya sangat mudah karena sistem telah disediakan oleh pengelola platform tersebut.

3. Barang yang Dijual Tidak Terbatas

Adanya marketplace membuat kita bisa menemukan barang apapun, mulai dari pakaian, sepatu, tas, perlengkapan rumah, perlengkapan sekolah, produk elektronik, dan lain sebagainya. Hal ini sangat menguntungkan untuk penjual atau pembeli.

Bagi penjual, marketplace menjadi tempat terbaik untuk berjualan produk apapun. Sementara bagi pembeli, platform jual beli online ini mempermudah siapa saja untuk mendapatkan produk yang dicarinya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...