Ragam Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Melalui Marketplace

Marketplace adalah platform jual beli online yang mempermudah transaksi jual beli antara penjual dengan pembeli. Adapun kekurangan kelebihan berjualan di marketplace seperti berikut.
Image title
23 Maret 2022, 15:12
Ilustrasi, marketplace populer di Indonesia, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.
Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia
Ilustrasi, marketplace populer di Indonesia, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.

Perkembangan teknologi memberikan banyak dampak bagi kehidupan manusia. Salah satunya pada kebiasaan belanja masyarakat. Dahulu ketika hendak berbelanja, kita harus pergi ke pasar atau toko terdekat. Namun, saat ini banyak marketplace yang membuat kita bisa belanja dari rumah.

Trobosan belanja secara daring atau online melalui berbagai platform sangat mempemudah kita dalam transaksi jual beli. Adanya marketplace membuat kita tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga dan waktu untuk berbelanja. Hanya bermodal gadget, kita sudah dapat membeli barang yang diinginkan. Nantinya barang yang sudah dibeli bisa langsung diantarkan ke rumah. Jadi, sangat efektif dan efisien.

Platform belanja online tersebut dikenal dengan sebutan marketplace. Menurut penjelasan di Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika 6(2), marketplace adalah model bisnis baru yang berkembang seiring pesatnya perkembangan infrastruktur teknologi informasi.

Marketplace dibuat untuk mengurangi proses bisnis yang kompleks sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas. Indikator efektifitas marketplace bisa dilihat dari kemampuan platform tersebut dalam memberikan fasilitas transaksi, mempertemukan penjual dan pembeli, serta menyediakan infrastruktur.

Advertisement

Sementara itu, indikator efisiensi platform jual beli online dilihat dari ringkasnya waktu dan biaya yang diberikan platform tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Melalui Marketplace

Kehadiran platform jual beli ternyata memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri. Menurut penjelasan di buku “Marketplace Pedia”, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan berjualan di marketplace.

Kelebihan Berjualan di Marketplace

1. Bisa Berjualan dengan Modal Minimalis

Kehadiran marketplace membuat siapa saja bisa berjualan walaupun modalnya sedikit. Mulai dari mendaftar hingga berjualan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Fitur-fitur yang ada dalam platform tersebut juga bisa diakses secara gratis.

Modal yang diperlukan hanya untuk menyediakan produk yang dijual saja. Sehingga modal yang diperlukan tidak banyak.

2. Mudah Digunakan

Ketika berjualan di marketplace, Anda hanya mendaftar atau membuat akun, unggah foto produk, dan melengkapi keterangan yang diperlukan. Secara umum, langkah-langkahnya sangat mudah karena sistem telah disediakan oleh pengelola platform tersebut.

3. Barang yang Dijual Tidak Terbatas

Adanya marketplace membuat kita bisa menemukan barang apapun, mulai dari pakaian, sepatu, tas, perlengkapan rumah, perlengkapan sekolah, produk elektronik, dan lain sebagainya. Hal ini sangat menguntungkan untuk penjual atau pembeli.

Bagi penjual, marketplace menjadi tempat terbaik untuk berjualan produk apapun. Sementara bagi pembeli, platform jual beli online ini mempermudah siapa saja untuk mendapatkan produk yang dicarinya.

4. Promosi Mudah

Promosi di marketplace diketahui lebih mudah karena dibantu oleh pihak marketplace. Sebagai penyedia tempat berjualan, platform tersebut tentu ingin menarik traffic serta menjual produk sebanyak mungkin.

Sehingga, secara tidak langsung platform tersebut akan ikut mempromosikan produk yang Anda jual dengan gratis. Namun apabila Anda ingin menjangka lebih banyak pengguna platform tersebut, Anda bisa menggunakan fitur premium yang disedikan marketplace tersebut.

5. Tidak Perlu Khawatir Kehilangan Konsumen

Jika Anda berjualan online di marketplace, maka Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan konsumen. Pasalnya, setiap harinya platform tersebut dikujungi banyak orang. Berdasarkan laporan dari Webretailer, Shopee menjadi platform jual beli yang mendapat pengunjung terbanyak di Asia Tenggara selama 2021.

6. Tingkat Kepercayaan Besar

Kelebihan lain dari marketplace yaitu bisa meningkatkan kepercayaan pembeli. Ketika kita berjualan di marketplace, umumnya pembeli tidak merasa takut tertipu. Hal ini dikarenakan uang yang dibayarkan baru akan dilepas kepada penjual setelah barang diterima pembeli.

7. Dapat Memantau Perkembangan Bisnis dengan Mudah

Marketplace umumnya dilengkapi dengan fitur insight yang mempermudah penjual untuk memantai perkembangan usahanya. Di fitur tersebut biasanya terdapat data pengunjung, interaksi di toko, jumlah pembeli, dan beberapa data penting lainnya. Data-data tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi dan pengembangan usaha.

Kekurangan Berjualan di Marketplace

Selain memiliki beberapa keunggulan, berjualan di marketplace ternyata memiliki beberapa kekurangan. Adapun kekurangan berjualan di marketplace sebagai berikut:

1. Persaingan Ketat

Persyaratan untuk berjualan di marketplace sangat mudah membuat banyak orang berbondong-bondong membuat toko di marketplace. Hal ini ternyata membuat persaingan antar penjual semakin ketat. Maka dari itu, jika Anda ingin berjualan di marketplace, pastikan Anda telah menyiapkan strategi marketing yang tepat.

2. Kondisi Pasar yang Sporadis

Kekurangan lain dari marketplace yaitu kondisi pasar yang sporadis. Jika Anda berjualan di marketplace global dengan berbagai produk yang ditawarkan, maka kemungkinan produk Anda ditemukan konsumen relatif sulit. Maka dari itu, diperlukan kata kunci yang bisa mengantarkan konsumen untuk menemukan produk yang Anda jual.

3. Tidak Memiliki Peluang Branding

Branding menjadi hal penting dalam mengembangkan usaha. Namun perlu diketahui bahwa saat Anda berjualan di marketplace, Anda tidak sedang membangun brand dari usaha online tersebut. Hal ini dikarenakan pembeli sering kali hanya mengingat nama marketplace-nya saja dan tidak mengingat nama brand yang dibeli.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait