Menelusuri Sejarah Internet, Perkembangan dan Prediksi di Masa Depan

Sejarah internet bermula pada tahun 1960-an dengan terciptanya ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network.
Image title
24 Maret 2022, 09:24
Ilustrasi internet. Sejarah internet dimulai dari kemunculan ARPANET yang diperuntukkan bagi penelitian, hingga kemunculan World Wide Web sebagai jaringan komunikasi global.
rawpixel.com
Ilustrasi internet. Sejarah internet dimulai dari kemunculan ARPANET yang diperuntukkan bagi penelitian, hingga kemunculan World Wide Web sebagai jaringan komunikasi global.

Internet menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Internet memungkinkan orang untuk mengakses informasi dan pengetahuan dan berkomunikasi. Sebelum adanya internet, orang harus menunggu lama untuk pembaruan informasi. Kini, informasi didapatkan dengan mudah dan sering diperbarui dalam waktu cepat.

Kemunculan internet mengubah cara masyarakat berkomunikasi dan menghapus hambatan dalam berkomunikasi. Melalui internet, masyarakat dapat langsung berbagi foto, mempublikasi berita, dan mengobrol dengan teman, keluarga, atau kolega dari seluruh dunia tanpa kesulitan.

Sejarah Internet

Internet hadir melalui proses yang panjang. Sejarah internet bermula pada tahun 1960-an dengan terciptanya ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network, sebagaimana dikutip dari History.com.

Pada tahun 1962, Dr. Joseph Carl Robnett Licklider merumuskan gagasan awal jaringan global dalam serangkaian memo yang disebut “Intergalactic Computer Network” atau “Jaringan Komputer Intergalaksi”.

Advertisement

Gagasan tersebut merupakan cikal bakal metode packet switching, yaitu metode untuk mentransmisikan data elektronik secara efektif yang kemudian menjadi pondasi dalam perkembangan internet.

Pada tahun 1965, ketua ilmuwan ARPA, Lawrence Roberts, menghubungkan dua komputer di tempat yang berbeda agar ‘berbicara’ dengan satu sama lain untuk pertama kalinya. Eksperimen dilakukan menggunakan saluran telepon dengan modem yang digabungkan secara akustik dan mentransfer data digital menggunakan metode packet switching.

Dari eksperimen tersebut, lahir proyek ARPANET yang didanai oleh Departemen Pertahanan AS. Cara kerjanya menggunakan metode packet switching untuk memungkinkan sejumlah komputer berkomunikasi pada satu jaringan.

Metode packet switching memudahkan komunikasi antar komputer karena pada tahun 1960-an, komputer berukuran besar dan tidak bergerak. Agar dapat memanfaatkan informasi yang disimpan di satu komputer, seseorang harus pergi ke lokasi komputer atau memiliki kaset komputer magnetik yang dikirim melalui sistem pos konvensional.

Proyek ARPANET merupakan sukses besar. Tetapi, keanggotaannya terbatas pada organisasi akademik dan penelitian tertentu yang memiliki kontrak dengan Departemen Pertahanan AS. Menanggapi hal ini, jaringan lain diciptakan untuk berbagi informasi.

Teknologi ini terus berkembang pada 1970-an setelah ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf mengembangkan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol atau TCP/IP, yaitu sebuah model komunikasi yang menetapkan standar cara data dapat ditransmisikan antara beberapa jaringan.

Sebuah pesan utuh dapat mengalami kendala saat dikirimkan melalui jaringan, sehingga pesan harus dikirim ulang. TCP/IP bekerja dengan memecah setiap pesan menjadi paket-paket kecil yang kemudian dirakit kembali saat diterima di komputer lain. Setiap paket dapat mengambil rute yang berbeda saat dikirim ke komputer lain, jika rute pertama tidak tersedia atau terhambat.

ARPANET mengadopsi  model TCP/IP pada tanggal 1 Januari 1983 yang merupakan awal perkembangan internet modern. Berdasarkan publikasi University System of Georgia, 1 Januari 1983 dianggap sebagai hari lahir internet secara resmi.

Kemunculan World Wide Web

World Wide Web adalah media informasi global yang dapat diakses pengguna melalui komputer yang terhubung ke internet. Melansir publikasi European Council for Nuclear Research (CERN), seorang ilmuwan Inggris bernama Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web (WWW) pada tahun 1989 saat ia bekerja di CERN.

Desain WWW memungkinkan akses informasi yang mudah melalui dan halaman web. Awalnya, WWW digunakan untuk mencari dan berbagi informasi antar para ilmuwan CERN. WWW menyediakan fasilitas pencarian menggunakan kata kunci, karena saat itu belum ada mesin pencari.

Pada tahun 1991, Berners-Lee merilis perangkat lunak WWW untuk publik. Server web pertama di AS diluncurkan online pada bulan Desember 1991 di laboratorium fisika partikel, Stanford Linear Accelerator Center (SLAC) di California. Browser web berbasis teks kemudian dirilis umum pada Januari 1992.

Seiring perkembangan zaman, WWW membantu mempopulerkan internet di kalangan publik, dan berperan signifikan dalam mengembangkan informasi. Internet merupakan rumah bagi sekitar satu miliar situs web dan jumlah data yang kian meningkat pesat.

Seberapa besar internet saat ini?

Menurut Cisco Global Web Traffic Report, diperkirakan ada 50 miliar perangkat yang terhubung ke internet. Per Januari 2021 ada 4,66 miliar pengguna internet aktif di seluruh dunia, menurut laporan Statista.

Dengan koneksi internet yang semakin cepat, semakin banyak situs yang muncul. Layanan seperti WordPress dan Blogspot memudahkan pengguna untuk membuat situs web secara gratis dan mudah. Jasa pembuat situs web kini juga semakin banyak ditemui.

Masa Depan Internet

Maryville University dalam publikasinya memprediksi internet akan berevolusi menjadi lebih cepat dan lebih aman. Digitalisasi merajalela dan teknologi seperti pembelajaran mesin (machine learning) dan koneksi seluler menjadi semakin meluas.

Internet akan menjadi campuran realita dan virtual. “Tidak ada lagi keyboard, mouse, dan layar,” ungkap peneliti Universitas Harvard, Judith Donath, dikutip Popularmechanics.com. Di masa depan, internet akan fokus pada augmented reality. Diprediksi bahwa banyak masyarakat yang akan memakai kacamata augmented reality dan menggunakannya untuk berinteraksi dengan lingkungan mereka.

Selain itu, mengetik pesan akan digantikan oleh komunikasi verbal dan pendengaran, seperti layanan fasilitas asisten virtual Siri dari Apple dan Alexa dari Amazon. Asisten virtual menghadirkan layanan personalisasi di dunia serba digital ini.

Perusahaan riset dan konsultan teknologi Gartner memperkirakan pada tahun 2025, 50% pekerja akan menggunakan asisten virtual setiap hari. Pada tahun 2023, Gartner memperkirakan bahwa 25% interaksi karyawan akan menggunakan komunikasi berbasis suara.

Kehadiran internet yang terus berkembang membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Masa depan internet yang begitu luas memungkinkan berbagai inovasi dan teknologi yang akan mengubah masyarakat secara menyeluruh.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait