Sejarah Internet: Muncul Akibat Perang Dingin AS dan Uni Soviet

Image title
7 Desember 2021, 23:58
Komputer pribadi IBM pertama dengan sistem operasi MS-DOS
Spencer Grent via livescience.com
Komputer pribadi IBM pertama dengan sistem operasi MS-DOS

Internet dapat menghubungkan beragam perangkat elektronik seperti komputer, laptop, ataupun ponsel pintar ke dalam suatu jaringan. Internet bisa diibaratkan sebagai sebuah skema yang mengubah hampir semua gaya hidup masyarakat. Mulai dari kebiasaan berkomunikasi hingga aktivitas perekonomian.

Masa tahun 1960-an, menjadi era awal dimulainya sejarah internet. Meskipun pada saat itu, ukuran komputer masih sangat besar dan tidak bergerak karena memakai tabung vakum untuk menyimpan informasi. Kala itu, seseorang yang hendak menggunakan komputer harus pergi ke lokasi perangkat tersebut berada. Atau, cara paling mudah dengan mengirimkan kaset komputer magnetik yang dikirim melalui layanan pos.

Dikutip dari situs University System of Georgia, sejarah internet erat kaitannya dengan peristiwa “Perang Dingin” yang melibatkan dua negara adikuasa yakni Uni Soviet serta Amerika Serikat. Munculnya jaringan internet dipicu oleh satelit Sputnik milik Uni Soviet yang diluncurkan ke luar angkasa.

Sebagai respons atas peluncuran satelit itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat langsung mencari cara bagaimana menyebarluaskan informasi milik mereka, walau wilayah AS terkena serangan nuklir sekalipun. Dari upaya tersebut, kemudian lahirlah sebuah badan bernama  ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network).

Sistem ARPANET lambat laun berkembang menjadi jaringan internet. Pada masa itu, ARPANET dapat menghubungkan komputer di Amerika Serikat. Meski sukses besar, cakupannya masih terbatas pada organisasi akademik dan penelitian tertentu yang berafiliasi dengan Departemen Pertahanan AS.

Berangkat dari hal tersebut, sejarah internet dimulai kembali. Sebuah jaringan dengan cakupan wilayah yang luas dibangun untuk menyediakan berbagai informasi bagi kebutuhan masyarakat.

Sejarah internet terus berkembang. Tepatnya, pada 1 Januari 1983, standar protokol komunikasi jaringan internet yang disebut Transfer Control Protocol/Internetwork Protocol (TCP/IP) diciptakan. Berkat sistem ini, komputer saling terhubung tanpa adanya batasan jenis. Perangkat tersebut dapat terkoneksi secara universal. 

ARPANET yang awalnya berada di bawah jaringan data Departemen Pertahanan Amerika Serikat berubah menjadi TCP/IP. Peristiwa itu pun dianggap sebagai hari lahir resmi Internet.

Apa Itu Internet?

Tampilan Google.
Tampilan Google. (Pexels.com)

 

Istilah internet sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat modern, karena hampir segala aspek kehidupan kini bergantung pada internet. Jaringan ini bisa menghubungkan orang-orang dari berbagai wilayah baik lintas kota, provinsi, negara, sampai lintas benua.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata internet memiliki arti sebuah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan komputer dan fasilitasnya, dengan perangkat lain secara terorganisir ke seluruh dunia, melalui telepon atau jaringan satelit.

Sementara itu, merujuk dari buku Teknologi Informasi dan Komunikasi (2017) yang diterbitkan oleh Kemendikbud, istilah internet berasal dari bahasa latin inter, yang berarti “antara”. Jika dilihat dari kata per kata, pengertian internet adalah sebuah jaringan antara atau penghubung. Definisi sederhananya, internet merupakan jaringan berjuta-juta komputer di seluruh dunia, terkoneksi menggunakan protokol TCP/IP.

Internet layaknya sebuah perpustakaan besar yang menyediakan segala informasi. Semuanya bisa diakses oleh setiap orang. Bentuknya berupa tulisan, gambar, serta format multimedia lainnya.

Keberadaan internet tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan sejarah komputer. Sebab, dari komputer generasi pertama sampai sekarang, semua komponen mesinnya menginspirasi lahirnya internet.

Fungsi internet dapat dibedakan berdasarkan pemakaiannya. Namun demikian, fungsi utama internet adalah menghubungkan berbagai perangkat satu ke perangkat lainnya.

Dewasa ini internet sudah menjadi sistem jaringan teknologi terluas di dunia. Semua orang bisa mengirimkan dan mengakses berbagai macam informasi menggunakan standar Protokol Internet (IP). Hal tersebut semakin dipermudah dengan kehadiran layanan jaringan world wide web (www).

Bagaimana Internet Ditemukan?

Sejarah internet dan sejarah perkembangan internet di dunia, berawal dari sistem ARPANET. Meski begitu, pembahasan tentang sejarah internet ini begitu kompleks karena melibatkan perkembangan teknologi di era 1960-an.

Ilustrasi sejarah internet
Ilustrasi sejarah internet (computerhistory.org)

Ringkasan sejarah internet bisa dilacak dari pembentukan badan ARPA di Amerika Serikat sekitar tahun 1969. Ketika itu, sebuah jaringan komputer dibentuk dan diberi nama ARPANET.

Jaringan ARPANET terus dikembangkan. Hingga pada tahun 1980-an, jaringan ini bisa menghubungkan universitas ternama di Amerika Serikat, meskipun yang mengakses hanya kalangan terbatas saja.

Lebih lanjut, untuk membahas secara detail tentang sejarah internet di dunia, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Konsep Awal Internet

Jaringan ARPANET adalah gagasan awal mengapa internet bisa ada dan membantu segala aktivitas masyarakat di berbagai belahan dunia. Walaupun awalnya jaringan tersebut cakupan areanya masih terbatas, namun lambat laun ARPANET berkembang dan menjadi internet seperti sekarang ini.

Menurut Internet Society, internet seperti yang dikenal sekarang telah mewujudkan ide teknis utama yaitu konsep “Internetworking Architecture”. Gagasan ini mengacu pada sebuah sistem teknologi jaringan yang dapat dipilih secara bebas oleh penyedia dan dibuat untuk bekerja dengan jaringan lainnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...